Jamkrindo: UMKM Harus Amanah Jika Diberi Pinjaman

Jamkrindo telah menyalurkan pinjaman kemitraan kepada 2.333 mitra senilai Rp 82 miliar

Suara.Com
Bangun Santoso
Jamkrindo: UMKM Harus Amanah Jika Diberi Pinjaman
Kepala Divisi Manajemen Risiko dan Pemeringkatan UMKM serta Konsultasi Manajemen Perum Jamkrindo, Ceriandri Widuri bersama peserta pelatihan di Cisurupan, Garut, Jawa Barat. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Suara.com - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) meminta kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk amanah jika diberikan pembiayaan. Salah satunya, harus selalu membayar pinjaman yang diberikan dari lembaga keuagan bank dan nonbank.

Kepala Divisi Manajemen Risiko dan Pemeringkatan UMKM serta Konsultasi Manajemen Perum Jamkrindo, Ceriandri Widuri menerangkan, saat ini lembaga keuangan bank dan non bank sudah terintegrasi data.

Sehingga, jika UMKM tak membayar pinjaman tersebut, maka akan lembaga keuangan tak lagi mempercayai UMKM itu. Dengan begitu, UMKM akan sulit mendapatkan pinjaman kembali.

"Kalau UMKM mendapatkan pembiayaan harus amanah, itu adalah nilai yang berharga, jaga kepercayaan itu. Sekali wanprestasi kita enggak tertib enggak amanah dalam memegang diberikan kepercayaan. Itu akan ke black list, nanti susah temen-temen UMKM," ujar Ceriandri usai memberikan pelatihan di Cisurupan, Garut, Jawa Barat, Kamis (4/7/2019).

Dalam hal ini, Perum Jamkrindo sudah memberikan pembiayaan kepada UMKM lewat Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Selama PKBL berjalan dari tahun 2015 Jamkrindo telah menyalurkan pinjaman kemitraan kepada 2.333 mitra senilai Rp 82 miliar.

Untuk di Garut sendiri, Jamkrindo mendampingi 21 penerima pinjaman kemitraan dengan realisasi pinjaman kemitraan sebesar Rp 1,05 miliar sejak Desember 2018

"Jadi ada kegiatan pelatihannya, untuk pendampingan Jamkrindo meman
ng enggak sendiri, ada mitra untuk sinergi lakukan pendampingan, seperti dengan PNM," kata dia.

Ceriandri menargetkan, pada tahun 2019 ini Jamkrindo bisa menyalurkan pembiayaan lewat PKBL sebesar Rp 2 miliar. Sampai Mei 2019, realisasi penyaluran pinjaman kemitraan tercatat sebesar Rp 865 juta untuk 19 mitra.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini