Asyik! Naik Bus Damri Bandara Kertajati Gratis Selama Setahun

Naik Bus Damri gratis di Bandara Kertajati itu sebagai kompensasi sambil menunggu pembangunan tol Cisumdawu selesai

Suara.Com
Bangun Santoso | Muslimin Trisyuliono
Asyik! Naik Bus Damri Bandara Kertajati Gratis Selama Setahun
Ilustrasi penumpang turun dari bus Damri angkutan khusus bandara. [Suara.com/Tofan Kumara]

Suara.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menggratiskan pengguna bus Damri di Bandara Kertajati. Hal tersebut merupakan subsidi selama pembangunan tol Cisumdawu (Cileunti-Sumedang-Dawuan) yang ditargetkan rampung tahun ini.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, bus Damri akan digratiskan selama satu tahun untuk di lokasi tertentu yang peminatnya banyak. Menurutnya lokasi yang akan disediakan seperti Karawang, Cirebon dan Bandung.

"Subsidi dilakukan untuk memastikan bahwa aksesibilitas dari Bandung ke Kertajati itu menjadi lebih pasti dan sambil menunggu tol Cisumdawu yang dijanjikan pak Menteri PUPR selesai dalam satu tahun. Jadi selama satu tahun ini pemerintah pusat akan mensubsidi bus Damri gratis," ujar Menhub Budi Karya.

Selain itu, Menhub meminta Dirjen Perhubungan Darat untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah menentukan rute yang akan digratiskan. Kebijakan tersebut dilakukan sebagai bentuk kompensasi waktu dan biaya yang dihabiskan penumpang.

"Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat yang harus menghabiskan waktu yang lebih banyak jika mendarat di Kertajati dibandingkan dengan di Bandung. Ini juga akan mengurangi biaya yang mereka keluarkan,” katanya.

Rencananya kerjasama ini akan mulai dibicarakan dalam waktu dua minggu ke depan. Sehingga Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ini dapat mengakomodir segala bentuk penerbangan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini