Gubernur The Fed Menolak Turun Jika Diminta oleh Trump

"Tentu saja, saya tidak akan melakukan itu," jawab Powell saat ditanya soal kemungkinan turun jabatan apabila diminta Presiden Trump

Suara.Com
Bangun Santoso | Achmad Fauzi
Gubernur The Fed Menolak Turun Jika Diminta oleh Trump
Presiden AS, Donald Trump. [AFP/Saul Loeb]

Suara.com - Gubernur Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell akan menolak jika diminta Presiden AS Donald Trump untuk turun dari jabatannya. Hal itu dilontarkannya, saat tanya jawab The Fed dengan DPR AS.

Seperti dilansir CNNMoney, salah satu Perwakilan Demokrat California Maxine Waters bertanya kepada Powell apakah akan patuh jika mendapat telepon dari Trump yang memintanya untuk mengepak barang-barangnya dan pergi.

"Tentu saja, saya tidak akan melakukan itu," jawab Powell.

"Aku tidak bisa mendengarmu," kata Waters sebagai tanggapan 

"Jawabannya adalah, 'Tidak,'" kata Powell.

Waters mendesak lebih jauh, bertanya, "Apakah Anda yakin Presiden tidak memiliki wewenang?"

Powell menjawab: "Apa yang saya katakan adalah hukum memberi saya masa jabatan empat tahun dan saya sepenuhnya bermaksud untuk melayaninya."

Trump secara terbuka menyatakan permintaan untuk menurunkan suku bunga, mengklaim bahwa The Fed telah mengurangi ekonomi AS dengan kenaikan suku bunga tahun lalu. Langkah-langkah itu diambil untuk mencegah inflasi dan memberi para pembuat kebijakan bantal yang lebih besar jika terjadi resesi, langkah-langkah kebijakan standar mengingat kekuatan berkelanjutan dari pasar kerja AS.

Powell pum memberikan sinyal bahwa penurunan suku bunga acuan The Fed bakal terjadi. Hal ini disebabkan Perang Dagang yang membebani ekonomi AS.

"Tampaknya ketidakpastian seputar ketegangan perdagangan dan kekhawatiran tentang kekuatan ekonomi global terus membebani prospek ekonomi AS," kata Powell dalam sambutannya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini