Jokowi Puji UMKM Binaan BI: Produk Premium, Kualitas Tinggi

Jokowi mengatakan UMKM yang dibina oleh Bank Indonesia sudah berkualitas, sehingga tembus pasar global.

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Achmad Fauzi
Jokowi Puji UMKM Binaan BI: Produk Premium, Kualitas Tinggi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Suara.com/Umay Saleh)

Suara.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menginginkan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tak hanya tenar di dalam negeri saja. Akan tetapi, bisa terkenal di luar negeri.

Jokowi meyakini produk UMKM dalam negeri mampu bersanding dengan merek-merek terkenal di luar negeri.

"Nanti kalau sudah ketemu semuanya bukan hanya market place di Indonesia, tapi global marketplace," kata Jokowi usai menghadiri Karya Kreatif Indonesia 2019 di JCC, Kawasan GBK Jakarta, Jumat (12/7/2019).

Kepala Negara kemudian menilai UMKM yang dibina oleh Bank Indonesia sudah berkualitas. Sehingga, cocok bersanding dengan produk merek terkenal lainnya.

"Baik kualitas kemasan, kualitas bangun brand saya lihat bagus, kemudian design berubah sangat drastis dan mulai dimasukkan ke market place," tutur dia.

Mantan Gubernur DKI juga menilai cara yang dilakukan BI dalam membina UMKM juga patut dicontoh oleh pihak lain. Karena ada proses seleksi, sehingga produk yang ditampilkan produk premium.

"Cara-cara yang dilakukan BI ini sangat bagus. Diseleksi, saya lihat ada seleksi. Ada yang menguratori memang prosesnya seperti itu. Sehingga ketemu produk-produk premium, produk-produk dengan kualitas tinggi. Dijual harga berapapun orang akan senang," ucap dia.

Gubernur BI Perry Warjiyo menambahkan, terdapat 91 UMKM yang telah mengekspor produknya ke sejumlah negara.

Perry mengatakan menyebut nilai ekspornya lebih dari Rp 1 Triliun.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini