Gagal Panen, Harga Cabai di Solo Tembus Rp 70 Ribu Per Kilogram

Bahkan di beberapa pasar harga komoditas tersebut tembus hingga Rp 80 ribu per kilogramnya.

Suara.Com
Chandra Iswinarno
Gagal Panen, Harga Cabai di Solo Tembus Rp 70 Ribu Per Kilogram
Cabai Merah. (Suara.com/Ummi Hadyah Saleh)

Suara.com - Harga cabai di Kota Solo, Jawa Tengah terus mengalami kenaikan setiap harinya. Hari ini, Selasa (16/7/2019), harga cabai jenis rawit merah bahkan mencapai Rp 70 ribu per kilogramnya. Bahkan di beberapa pasar harga komoditas tersebut tembus Rp 80 ribu per kilogramnya.

Seorang pedagang di Pasar Legi Wahyuni (59) menuturkan kenaikan harga sudah terjadi sejak beberapa lalu. Mulai dari Rp 50 ribu per kilogram sampai hari ini mencapai Rp 70 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga ini rata-rata seminggu Rp 10 ribu. Kenaikan ini sudah terjadi sejak dua pekan lalu," katanya saat ditemui Suara.com.

Wahyuni menambahkan kenaikan harga ini dipicu beberapa faktor, di antaranya karena gagal panen di daerah pemasok hingga membuat pasokan barang juga berkurang.

"Petani banyak yang gagal panen, sehingga cabai menjadi langka. Stok juga berkurang sehingga harga naik," ucapnya.

Wahyuni menambahkan, kenaikan harga ini tidak hanya pada jenis rawit merah saja. Tetapi untuk semua jenis cabai.

Untuk cabai merah besar harganya menjadi Rp 45 ribu per kilogram atau naik Rp 5.000 dari sebelumnya yang hanya Rp 40 ribu per kilogram.

"Cabai jenis kampar jadi Rp 57 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 55 ribu per kilogram. Cabai rawit hijau dari Rp 30 ribu per kilogram menjadi Rp 44 ribu per kilogram dan cabai merah keriting dari Rp 40 ribu menjadi Rp 62 ribu per kilogram," katanya.

Kenaikan harga tersebut membuat pedagang di tingkat pengecer terpaksa menaikan harga hingga Rp 80 ribu per kilogram. Salah satu pedagang di Pasar Kleco, Anggoro (57) mengaku terpaksa menaikan harga cabai karena adanya kenaikan harga.

"Saya terpaksa menjual dengan harga Rp 80 ribu per kilogramnya," ujarnya.

Kontributor : Ari Purnomo

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini