Wapres JK: Pemerintah Ingin Dengarkan Ide Generasi Muda Majukan Indonesia

"Pemerintah selalu mementingkan perencanaan sejak awal negeri ini."

Suara.Com
Dwi Bowo Raharjo | Achmad Fauzi
Wapres JK: Pemerintah Ingin Dengarkan Ide Generasi Muda Majukan Indonesia
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) membuka acara Indonesia Develepmenf Forum (IDF) 2019. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Suara.com - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) membuka acara Indonesia Develepmenf Forum (IDF) 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (22/7/2019). Forum ini merupakan berkumpulnya publik, swasta, dan nirlaba serta generasi muda untuk mencari solusi atasi tantangan pembangunan Indonesia.

Dalam sambutannya, Kalla menyebut pemerintah selalu menginginkan ide-ide dan rencana yang brilian dari generasi muda untuk mengatasi tantangan-tantangan di Indonesia pada masa depan.

"Tentu hari ini keinginan semua untuk mendapatkan ide-ide dari generasi muda, untuk menentukkan apa sebaiknya dari kita untuk masa depan," ujar JK di JCC, Senayan, Jakarta.

Menurut JK, pemerintah sejak dahulu sudah melakukan perencanaan. Buktinya kata dia, pemerintah sudah membuat suatu lembaga untuk merencanakan masa depan Indonesia agar menjadi maju sejak Presiden Soekarno.

"Pemerintah selalu mementingkan perencanaan sejak awal negeri ini, tahun 1947 dibentuk badan perancang nasional di bawah perdana menteri, tahun yang sama dibentuk panitia pemikir siasat ekonomi ekonomi policy oleh Pak Jatta, juga tahun 1950-an juga dibentuk dasar-dasar peraturan ekonomi, dibentuk perancang nasional di bawah Pak Yamin, dan dibuat perencanan ekonomi 25 tahun, jangka menengah, jangka pendek," tutur dia.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, negara yang memiliki perencanaan juga merupakan ciri-ciri negara maju.

Maka dari itu, JK berharap semua lini masyarakat membuat suatu ide dan pemikiran bukan hanya perencanaan tetapi juga solusi untuk Indonesia hadapi masa depan.

"Artinya adalah bahwa suatu negara ingin maju selalu merencanakan dengan baik apa yang ingin dilakukan, seperti yang kita katakan tadi saat ini dewasa ini, justru pemerintah ingin mendengarkan ide-ide yang baik di masa depan, bagaimana menyatukan apa yang dikerjakan hari ini dan juga baik untuk masa depan," pungkas dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini