Menperin: Jateng - Jatim Akan Didorong Jadi Pusat Industri Teknologi

"Harapannya, cluster digital di Jatim bisa mengimbangi BSD di Tangerang, tandasnya.

Suara.Com
Reza Gunadha | Muslimin Trisyuliono
Menperin: Jateng - Jatim Akan Didorong Jadi Pusat Industri Teknologi
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Suara.com/Muslimin).

Suara.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur ke depan bakal  didorong menjadi pusat industri teknologi tinggi yang berorientasi menghadirkan produk ekspor serta kebijakan substitusi impor.

"Pengembangan arahnya high tech, itu yang kita dorong ada di Jawa Tengah dan di Jawa Timur. Prioritasnya industri teknologi sektor komponen otomotif, termasuk elektronik," ujar Airlangga di kantor Kemenko Perekonomian, Senin (22/7/2019).

Agar hal itu terwujud, kata Airlangga, pemerintah akan menggenjot peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pelatihan vokasi di kedua provinsi tersebut.

Ia menuturkan, langkah tersebut sudah memunyai dasar hukum, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2019 yang memberikan insentif super deduction tax hingga 300 persen untuk pelaku usaha yang mendorong pendidikan vokasi.

Khusus di Jatim, kata Airlangga, juga akan didorong untuk mengembangkan area industri digital. Hal yang sama juga dilakukan, yakni meningkatkan kualitas SDM memakai pendidikan vokasi guna menunjang rencana tersebut.

"Harapannya, cluster digital di Jatim bisa mengimbangi BSD di Tangerang,” tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini