Marak Hoaks Kondisi Keuangan Negara, Sri Mulyani Gandeng Influencer

"Bagaimana masyarakat bisa bedakan hoaks dan kredibel itu suatu peperangan hari ini."

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Marak Hoaks Kondisi Keuangan Negara, Sri Mulyani Gandeng Influencer
Menkeu Sri Mulyani. [Suara.com/Adam Iyasa]

Suara.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bakal menggandeng influencer seperti youtuber dan selebgram untuk menyebarkan informasi seputar keuangan negara.

Hal ini dilakukannya semata-mata untuk menghindari informasi yang salah tentang keuangan negara di masyarakat.

"Kami akan gunakan influencer juga agar masyarakat punya appetite informasi-informasi keuangan negara. sehingga mereka tak dihinggapi informasi yang salah," ujar Sri Mulyani saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (29/7/2019).

Menurut Sri Mulyani, di masyarakat terlalu banyak informasi hoaks yang tak bermutu, sehingga informasi yang disampaikan banyak disalah artikan oleh masyarakat.

"Di era keterbukaan informasi ini persoalan paling rumit terlalu banyak informasi dan kebanyakan garbage informasi," tutur dia.

Maka dari itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengajak masyarakat mulai dari youtuber dan selebgram untuk memerangi informasi yang bersifat hoaks.

Dengan begitu, informasi tersebut diserap baik oleh masyarakat tanpa menimbulkan polemik.

"Kita memang berperang informasi di tengah banyaknya disinformasi, seolah informasi benar tapi itu menyesatkan. Jadi bagaimana masyarakat bisa bedakan hoaks dan kredibel itu suatu peperangan hari ini. Kita akan terus menerus meminta kepada seluruh stakeholder yang bisa influence keseluruhan," pungkas dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini