Jokowi Umumkan Letak Ibu Kota Baru Pertengahan Agustus, Langsung Dibuat Tol

"Pak presiden akan umumkan itu di mana."

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Jokowi Umumkan Letak Ibu Kota Baru Pertengahan Agustus, Langsung Dibuat Tol
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Gondang yang berada di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Foto: Antara)

Suara.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Baru yakni Kalimantan bakal dimulai pada 2020.

Salah satu yang akan dibangun yaitu jalan tol. Namun, rencana pembangunan Jalan Tol di Ibu Kota baru itu masih menunggu kajian dan persetujuan beberapa pihak.

"Sekarang sudah ada kajiannya, kami dengan Bappenas. Nanti Agustus pertengahan, Pak presiden akan umumkan itu di mana. Nanti kalau sudah, berarti detail design nya baru kita lakukan. Kalau iya, tahun 2020 mudah-mudahan baru mulai kita pekerjaan fisik. Yang pertama pasti tentang jalan," ujar Basuki di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (2/8/2019).

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit menuturkan telah ada rencana pembangunan jalan tol di Ibu kota baru. Saat ini, kata dia, di Kalimantan telah terbangung Balikpapan-Penajam Paser Utara.

"Setelah itu kalau arahnya kesana, kita nyiapin jaringan jalan bebas hambatannya (di ibu kota baru)," tutur dia.

Namun, Mantan Ketua Umum MTI ini menuturkan, keputusan dibangunnya jalan tol harus terlebih dahulu diputuskan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR.

"Kalau misalnya wilayah koneksi fungsi-fungsi yang ada pakai jalan nasional sudah cukup ya itu aja. Sangat tergantung Pak Dirjen Bina Marga, mana yang ditolkan mana yang tidak," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini