Jadi Deputi Gubernur Senior BI, Destry Ingatkan Investor Soal Ini

Destry meyakini bahwa BI akan terus mempertahankan kebijakan moneter dan makroprudensial yang akan akomodatif

Suara.Com
Bangun Santoso | Achmad Fauzi
Jadi Deputi Gubernur Senior BI, Destry Ingatkan Investor Soal Ini
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti usai dilantik di gedung Mahkamah Agung, Rabu (7/8/2019). (Suara.com/Achmad Fauzi)

Suara.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia yang baru dilantik Destry Damayanti meminta pelaku pasar keuangan atau investor tak perlu panik hadapi guncangan global. Menurut dia, hal tersebut hanya bersifat sesaat.

Untuk diketahui, salah satu guncangan global yang mempengaruhi perekonomian yaitu perang dagang antara AS dengan China dan devaluasi mata uang Yuan China.

"Terkadang di sisi domestik tidak ada sesuatu apapun tapi di global ada suatu goncangan kita akan goncang juga. Ini diharapkan kalau kita menjaga stabilitas makro. Tentu kita tidak perlu panik, market tidak perlu panik biasanya goncangan sifatnya sesaat," kata Destry usai pelantikan di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Maka dari itu, kata Destry, guncangan tersebut merupakan tantangan BI untuk menjaga stabilitas keuangan. Terutama menjaga pergerakan nilai tukar rupiah.

"Ini tantangan terbesar dari BI, bagaimana bisa menjaga stabilitas sektor tersebut. khsusunya kalo bicara nilai tukar," kata dia.

Kendati demikian, Destry meyakini bahwa BI akan terus mempertahankan kebijakan moneter dan makroprudensial yang akan akomodatif untuk hadapi guncangan tersebut.

"Tapi BI akan berada di pasar untuk mewaspadai pegerakan dan instabilitas yang terjadi disektor keuangan," imbuh dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini