Janji Jokowi Bantu Merek Lokal Bisa Mendunia

Jokowi mengaku sedih saat kunjungan ke negara lain, dirinya kerap menemukan restoran masakan khas Thailand di banyak negara

Suara.Com
Bangun Santoso | Ummi Hadyah Saleh
Janji Jokowi Bantu Merek Lokal Bisa Mendunia
Presiden Joko Widodo atau Jokowi usai menghadiri Apel Besar Peringatan Hari Pramuka ke-58 di Cibubur. (Suara.com/Ummi HS).

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan membantu para pelaku usaha lokal untuk bisa dipromosikan di luar negeri. Ia menyatakan, pemerintah siap membantu merek-merek lokal yang sudah memiliki desain dan kemasan dengan standar internasional yang nantinya dipromosikan ke luar negeri.

"Merek itu kita bawa barang keluar. Nanti pemerintah membantu menyiapkan anggaran pemasaran yang bisa dicover dari anggaran pemerintah. Misalnya, cari mal strategis di Kuala Lumpur, Hong Kong, Manila, Vietnam. Mal yang tempatnya strategis, kuasai separuhnya, isi dengan merek-merek kita. Pemerintah akan bantu," ujar Jokowi saat membuka Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2019 di Senayan City, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku sedih saat kunjungan ke negara lain, dirinya kerap menemukan restoran masakan khas Thailand di banyak negara. Sementara keberadaan restoran asal Indonesia terbilang sedikit di luar negeri.

"Mestinya kayak Sari Ratu (restoran Padang) ada di mana-mana. Yang saya tahu baru ada di Singapura dan Kuala Lumpur," kata dia.

Tak hanya itu, Jokowi meminta Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) untuk melakukan kajian yang baik agar produk lokal bisa go internasional. Kata dia, merek -merek lokal bisa menggerakan UMKM.

"Jadi tugas untuk Hippindo tolong, dengan kerja sama, carikan tempat yang strategis untuk brand kita. misalnya makanan, Sari ratu, taroh di depan. Sudah saatnya pertama menguasai pasar dalam negeri dan juga brand lokal kita bawa ke luar, berbondong-bondong," ujar Jokowi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini