Jokowi Ingin Bangun Industri Mobil Listrik dan Avtur Berbahan Kelapa Sawit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak harus berani untuk memajukan Indonesia.

Suara.Com
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Jokowi Ingin Bangun Industri Mobil Listrik dan Avtur Berbahan Kelapa Sawit
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini membacakan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan DPD-DPR RI. Dalam pidatonya, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta semua pihak harus berani untuk memajukan Indonesia.

Saat ini, Indonesia sedikit lebih maju untuk membuka ruang pengembangan mobil listrik.

Akan tetapi, Jokowi ingin, Indonesia tak hanya jadi konsumen mobil listrik, tetapi menjadi negara yang bisa memproduksi mobil listrik.

"Kita sudah mulai membuka ruang pengembangan mobil listrik tapi kita ingin lebih dari itu, kita ingin membangun industri mobil listrik sendiri," ujarnya di Gedung MPR-DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Selain itu, kemajuan lain yang telah dilakukan pemerintah yaitu Indonesia bakal keluar dari ketergantungan impor Bahan Bakar Minyak (BBM). Pasalnya, Indonesia telah mengembangkan Biodiesel 30 persen (B30).

"Kita sudah mulai dengan program B20, akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30 persen biodiesel. Tapi kita bisa lebih dari itu kita bisa membuat B100," imbuhnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga memamerkan bahwa Indonesia kini tak menjadi salah satu pengimpor BBM jenis avtur. Karena, Indonesia kini mampu memproduksi BBM Avtur untuk kebutuhan dalam negeri.

"Kita sudah memproduksi sendiri avtur hingga tidak impor avtur lagi. Tapi kita bisa lebih dari itu, kita bisa ekspor avtur, kita juga ingin produksi avtur berbahan kelapa sawit," tandas dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini