Kilang Minyak Saudi Diserang, Harga Minyak Mentah Dunia Langsung Melonjak

Harga minyak mentah dunia melonjak hingga 15 persen.

Suara.Com
Dythia Novianty | Achmad Fauzi
Kilang Minyak Saudi Diserang, Harga Minyak Mentah Dunia Langsung Melonjak
Perkembangan harga minyak dunia. (Shutterstock)

Suara.com - Harga minyak mentah dunia melonjak hingga 15 persen pada pembukaan Minggu (15/9/2019). Hal ini setelah adanya serangan kilang minyak milik Arab Saudi pada Sabtu (14/9/2019) kemarin.

Dilansir Reuters, minyak mentah berjangka Brent melonjak lebih dari 19 persen ke sesi tinggi 71,95 dolar AS per barel pada pembukaan, sementara minyak mentah AS naik lebih dari 15 persen ke sesi tinggi 63,34 dolar AS per barel.

Untuk diketahui, perusahaan raksasa minyak milik negara Saudi Aramco mengatakan serangan itu memangkas produksi sebesar 5,7 juta barel per hari.

Namun, pihak Aramco enggan kapan eksplorasi kembali kilang minyak tersebut. Tapi, sebuah sumber yang dekat dengan masalah ini mengatakan kepada Reuters bahwa kembali ke kapasitas minyak penuh bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Kendati demikian, serangan tersebut tak mempengaruhi ekspor minyak Arab Saudi. Pasalnya, Negara Kerajaan itu masih memiliki cadangan pasokan yang besar untuk ekspor.

"Lonjakan harga adalah reaksi spontan alami tetapi tetap jalan dan kemampuan untuk mempertahankan pada tingkat yang tinggi, tetap tergantung pada durasi pemadaman. Kemampuan untuk memenuhi komitmen ekspor melalui penarikan domestik, elastisitas permintaan dengan harga yang lebih tinggi serta pemerintah dan kebijakan agensi, "kata Michael Tran, Direktur Pelaksana Strategi Energi di RBC Capital Markets di New York.

"Bahkan jika pemadaman normal dengan cepat, ancaman mengesampingkan hampir 6 persen dari produksi minyak global tidak lagi hipotetis, angsa hitam atau ekor gemuk. Selamat datang kembali,premi risiko," tukasnya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini