Ini Saran Luis Milla untuk Pembinaan Usia Muda

"Untuk sepakbola usia muda dibutuhkan waktu, dibutuhkan kerja keras, organisasi yang baik."

Suara.Com
Arsito Hidayatullah | Adie Prasetyo Nugraha
Ini Saran Luis Milla untuk Pembinaan Usia Muda
Acara Diskusi Sepakbola Usia Muda bertema 'Mengejar Pentas Dunia'. [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

Suara.com - Pelatih tim nasional Indonesia, Luis Milla, memberikan saran agar Indonesia memiliki pemain usia muda yang berkualitas. Tentunya, para pemain usia muda tersebut harus didukung oleh infrastruktur yang ada saat ini.

Pelatih asal Spanyol itu mengatakan, butuh waktu yang cukup lama untuk dapat membangun pesepakbola usia muda. Oleh karenanya, Milla menganggap bahwa pembinaan usia muda sangatlah sulit dan harus diterapkan dengan serius.

"Untuk sepakbola usia muda, dibutuhkan waktu, dibutuhkan kerja keras, organisasi yang baik. Dan di setiap jenjang umur ada kebutuhan yang berbeda. Di sini saya mau berterima kasih kepada PSSI, karena telah banyak membantu pembinaan pelatih usia muda," kata Milla di acara diskusi Sepakbola Usia Muda "Mengejar Pentas Dunia", di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Pelatih asal Spanyol itu pun memberikan saran untuk membuat Indonesia bisa membangun kompetisi usia muda. Salah satu yang disarankan oleh Milla yakni membuatkan kompetisi di mana para bakat-bakat belia bisa bermain.

"Buat saya, ada tiga hal yang dibutuhkan Indonesia untuk membangun pesepakbola usia muda. Pertama, kompetisi di mana anak-anak bisa bermain. Dua, harus ada pelatih yang berkualitas. Ketiga, infrastruktur seperti lapangan. Indonesia ini negara besar, pasti bisa melakukan itu," tambahnya.

Pelatih yang pernah bermain untuk Barcelona dan Real Madrid itu cukup yakin bahwa dengan adanya pembinaan usai muda yang baik, Indonesia bakal banyak berbicara di dunia internasional. Pasalnya, selama menjadi pelatih timnas Indonesia, Milla mengaku banyak melihat pemain bertalenta.

"Saya delapan bulan di sini, saya melihat banyak pemain berkualitas. Dari yang saya lihat sendiri, anak-anak yang saya latih (Timnas U-22) banyak sekali perkembangannya. Saya yakin di sini masih banyak lagi pemain berkualitas," ungkapnya.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini