Selasa, 18 Desember 2018

Di Mata Pele, Kehebatan Messi Ternyata Tidak Ada Apa-apanya

Ternyata masih banyak orang yang lebih hebat dari Messi.

Suara.Com
Syaiful Rachman
Megabintang Barcelona, Lionel Messi. [JAVIER SORIANO / AFP]
Megabintang Barcelona, Lionel Messi. [JAVIER SORIANO / AFP]

Suara.com - Pemain legendaris Brasil Edson Arantes do Nascimento atau yang lebih dikenal dengan nama Pele , mengomentari kehebatan pemain nomor satu Argentina saat ini, Lionel Messi . Menurut Pele, Messi tidak sehebat pendahulunya yang kontroversial, Diego Maradona .

"Sejauh yang saya lihat, Maradona adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada," kata Pele sebagaimana dimuat Football Espana.

"Jika anda bertanya kepada saya, 'apakah dia (Maradona) lebih hebat dari Messi?' jawabannya iya. Dia jauh lebih hebat dari Messi."

Bukan hanya Maradona, dua pemain lain juga diakui Pele lebih hebat dari pemain Barcelona itu. Dua pemain yang dimaksud adalah legenda Jerman Franz Beckenbauer dan legenda Belanda Johan Cruyff .

Kolase foto Diego Maradona [AFP]
Kolase foto Diego Maradona [AFP]

"(Franz) Beckenbauer dan (Johan) Cruyff juga lebih hebat. Mereka adalah pemain sempurna," ungkap Pele.

Ketika ditanya lebih hebat mana antara dirinya dengan Messi, Pele tidak memberikan eksplisit. Menurutnya, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan untuk membandingkan pemain lain dengan dirinya.

Pemain Belanda Johan Cruyff (tengah) dibayang-bayangi Franz Beckenbauer (kiri) dalam final Piala Dunia 1974 [AFP]
Pemain Belanda Johan Cruyff (tengah) dibayang-bayangi Franz Beckenbauer (kiri) dalam final Piala Dunia 1974 [AFP]

"Bagaimana anda membandingkan seseorang yang mampu menanduk bola dengan sangat baik, yang bisa melepaskan tembakan akurat dengan kaki kiri dan kanan dengan seseorang yang hanya bisa menyepak bola secara akurat dengan satu kaki, dengan orang yang hanya memiliki satu kemampuan dan tidak bisa menanduk bola dengan sempurna? Bagaimana anda bisa membandingkan?" jelas lelaki yang pernah memenangkan tiga trofi Piala Dunia bersama Brasil.

"Untuk dibandingkan dengan Pele, orang itu harus bisa menembak dengan kaki kiri dan kanan. Juga mencetak gol dengan kepalanya."

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini