Kamis, 13 Desember 2018

Chelsea Vs Manchester City: The Citizens Telan Kekalahan Perdana

Gol kemenangan Chelsea diciptakan N'Golo Kante dan David Luiz

Suara.Com
Bangun Santoso
Pemain Chelsea merayakan.  gol(AFP)
Pemain Chelsea merayakan. gol(AFP)

Suara.com - Chelsea secara heroik berhasil mengakhiri dominasi Manchester City di ajang Premier League musim 2018-2019. The Blues (julukan Chelsea) berhasil mengalahkan The Citizens (julukan Manchester City) 2-0. Ini merupakan kekalahan perdana bagi anak asuh Pep Guardiola itu musim ini.

Mengutip laman Premierleague.com, dengan raihan tiga poin ini menempatkan Chelsea di posisi tiga klasemen sementara Liga Inggris dengan 34 poin.

Sementara itu, Manchester City yang menelan kekalahan pertamanya harus tertahan di peringkat ke dua dengan 41 poin atau tertinggal 1 poin dari pemuncak klasemen Liverpool FC.

Sepakan keras N'golo Kante dan tandukan mematikan pemain belakang David Luiz berhasil membungkam perlawanan pasukan The Citizens yang bertandang ke Stamford Bridge (kandang Chelsea).

Babak Pertama

Manchester City langsung mengambil inisiatif begitu peluit tanda pertandingan dimulai. Pasukan Pep Guardiola lagi-lagi megandalkan penguasaan bola dan umpan dari kaki ke kaki. Namun, Chelsea merespons dengan menerapkan garis pertahanan tinggi.

Permainan dimulai dengan tempo yang cukup tinggi tetapi kedua tim belum benar-benar mengancam di awal laga. Man City memang lebih ofensif tetapi Chelsea bisa bertahan dengan baik.

Peluang terbaik pada pertandingan itu baru hadir di menit ke-33 saat Leroy Sane menggiring bola sampai ke dalam kotak penalti Chelsea tetapi tetap tak ada gol yang tercipta.

Aliran bola Chelsea tak berjalan baik. Bola berulang kali harus kembali pada penjaga gawang Kepa Arrizabalaga untuk memulai serangan. Sebaliknya, para pemain Manchester City tetap menekan.

Hingga menit ke-41 tak ada percobaan tembakan dari Chelsea sementara Man City sudah mencatatkan empat percobaan dengan satu tepat sasaran.

Meski ditekan terus menerus, justru Chelsea membuat kejutan. Berawal dari tekanan skuat Man City di wilayah bertahan Chelsea, David Luiz melepaskan umpan jauh ke Pedro di sisi kanan penyerangan The Blues.

Pedro kemudian mengalihkan serangan ke sisi kiri, yang diterima Willian. Bola kemudian diterima Eden Hazard yang langsung melepaskan umpan cut-back pada ruang kosong di tengah kotak penalti yang disambut tendangan keras N'Golo Kante. Chelsea unggul 1-0 di penghujung babak pertama. Skor bertahan hingga peluit jeda pertandingan ditiup wasit.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Chelsea tampil lebih agresif. Unggu 1-0 membuat pemain-pemain The Blues pede. Pemain bertahan The Blues tak takut memainkan bola di wilayah mereka sendiri meski skuat Manchester City terus menekan.

Di sisi lain, Man City masih menguasai bola tetapi tak banyak yang bisa mereka perbuat. Kreativitas skuat Manchester City terlihat buntu. Guardiola bahkan mencoba mengganti beberapa pemain untuk menambah daya gedor dan bisa menembus pertahanan Chelsea.

Terus menyerang, skuat Man City mulai lengah dalam bertahan. Berawal dari tendangan sudut di sisi kanan pertahanan Man City, David Luiz berhasil mengelabui banyak pemain bertahan The Citizens untuk kemudian melepaskan sundulan apik ke sudut gawang Ederson. Chelsea makin menjauh dengan skor 2-0 di menit ke 78. Skor tersebut tak berubah hingga wasit mengakhiri pertandingan.

Susunan Pemain

Chelsea: Arrizabalaga, Azpilicueta, Rudiger, Luiz, Alonso, Jorginho, Kante, Kovacic (65' Ross Barkley), Pedro, Hazard (90' Olivier Giroud), Willian (75' Ruben Loftus-Cheek).
Pelatih: Maurizio Sarri (Italia)

Man City: Ederson, Walker, Stones, Laporte, Delph, Fernandinho, B Silva, D Silva (68' Ilkay Gundogan), Sane (53' Gabriel Jesus), Sterling, Mahrez (84' Philip Foden).
Pelatih: Josep Guardiola (Spanyol)

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini