Barcelona Keok di Markas Levante, Valverde: Kami memang Harus Rotasi Pemain

Sang entrenador Barcelona bersikukuh jika ia memang harus melakukan rotasi pemain pada laga Copa del Rey dini hari tadi.

Suara.Com
Rully Fauzi
Barcelona Keok di Markas Levante, Valverde: Kami memang Harus Rotasi Pemain
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. [Marco BERTORELLO / AFP]

Suara.com - Barcelona harus tersungkur menelan kekalahan 1-2 dari tuan rumah Levante dalam laga leg pertama babak 16 besar Copa del Rey 2018/2019 di Ciutat de Valencia, Jumat (11/1/2019) pagi WIB.

Hasil buruk ini dipetik setelah Barcelona tak memainkan sederet pemain utama mereka, termasuk duo megabintang Lionel Messi dan Luis Suarez, serta nama-nama macam Ivan Rakitic, Gerard Pique hingga Jordi Alba.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde memang melakukan rotasi pemain di laga ini. Perubahan cukup ekstrem dilakukannya, terlebih di sektor pertahanan.

Tanpa Pique dan Alba, rekrutan anyar Jeison Murillo pun melakoni debutnya bersama Barca. Setali tiga uang dengan duo pemain tim B, yakni Juan Miranda Gonzalez dan Chumi yang diberikan kesempatan untuk pertama kalinya memperkuat tim senior.

Barcelona sendiri membutuhkan hadiah tendangan penalti yang berhasil dikonversi Philippe Coutinho menjadi gol di menit 85, untuk membalas dua gol cepat tuan rumah lewat Erick Cabaco (4') dan Borja Mayoral (18').

Gol telat Coutinho ini pun membuka kans Barca untuk lolos dari lubang jarum dan lolos ke fase delapan besar, sebagaimana leg kedua akan dihelat di Camp Nou pada 18 Januari mendatang.

Well, meski timnya tampil memble di markas Levante dan bisa dibilang beruntung bisa memperkecil skor di akhir-akhir laga, Valverde tetap bersikukuh bahwa kebijakan rotasi yang dilakukannya di laga ini sudah tetap.

Pelatih berusia 54 tahun itu menyatakan jika dirinya memang harus melakukan rotasi pemain. "Ketika harus memilih tim, saya pikir itu tim terbaik yang dapat kami pilih untuk laga ini. Ya, meski kami tampil tanpa beberapa pemain terbaik kami," tutur Valverde mengutip ESPN.

"Sejujurnya saya memang harus melakukan rotasi pemain untuk memastikan pemain-pemain terbaik kami tetap fresh. Kami dihadapkan dengan jadwal yang padat. Inilah risiko yang kami ambil, tapi saya tetap optimis dengan kans kami untuk lolos ke babak selanjutnya di Copa del Rey ini," sesumbar eks entrenador Athletic Bilbao tersebut.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini