Taklukkan Jepang di Final, Qatar Juara Piala Asia 2019

Ini adalah pertama kalinya Qatar menjadi juara di Piala Asia

Suara.Com
Reky Kalumata
Taklukkan Jepang di Final, Qatar Juara Piala Asia 2019
Para pemain Qatar merayakan keberhasilan mereka menjadi juara Piala Asia 2019 setelah di final mengalahkan Jepang 3-1 di Mohammed Bin Zayed Stadium di Abu Dhabi. Khaled DESOUKI / AFP

Suara.com - Qatar memastikan diri sebagai juara Piala Asia untuk pertama kalinya. Sukses tersebut dipastikan oleh Qatar setelah di partai final Piala Asia 2019 setelah berhasil mengalahkan juara bertahan Jepang dengan skor 3-1.

Pada laga final yang digelar di Zayed Sports City Stadium, Jumat (1/2/2019) malam WIB, Qatar sudah memimpin lebih dulu 1-0 di menit ke-12. Almoez Ali membuka kemenangan Qatar lewat gol cantiknya lewat tendangan akrobatiknya.

Itu menjadi gol kesembilan Ali dan mengukuhkan dirinya sebagai top skor di Piala Asia 2019. STriker berusia 22 tahun itu juga melewati rekor pemain legendaris Iran Ali Daei yhang pernah mencetak delapan gol pada Piala Asia 1996.

Pada menit ke-27, Abdulaziz Hatem memperbesar keunggulan Qatar menjadi 2-0. Hatem memanfaatkan umpan Akram Afif di depan kotak penalti sebelum melepaskan tendangan terukur ke tiang jauh gawang Shuichi Gonda.

Almoez Ali (kanan) bersyukur setelah membawa Qatar meraih juara Piala Asia 2019 setelah mengalahkan Jepang di final di Mohammed Bin Zayed Stadium, Abu Dhabi.  Karim Sahib / AFP
Almoez Ali (kanan) bersyukur setelah membawa Qatar meraih juara Piala Asia 2019 setelah mengalahkan Jepang di final di Mohammed Bin Zayed Stadium, Abu Dhabi. Karim Sahib / AFP

Skor 2-0 bagi Qatar bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Jepang mencoba bangkit dan Takumi Minamino memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat sontekannya setelah tinggal berhadapan dengan dengan Saa Al Sheeb.

Qatar mendapatkan hadiah penalti di menit ke-82 menyusul handballs kapten Maya Yoshida di kotak penalti. Wasit Ravshan Irmatov sempat melihat VAR sebelum memastikan tendangan penalti yang diselesaikan dengan baik oleh Afif.

Di sisa waktu pertandingan, Qatar mampu mempertahankan keunggulan 3-1 hingga akhir laga. Qatar pun memastikan sebagai juara Piala Asia pertama kalinya dan mematahkan dominasi Jepang di ajang ini.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini