Satu Jenazah Terlihat di Bangkai Piper Malibu, Sala atau Ibbotson?

AAIB belum bisa mengevakuasi jenazah di bangkai pesawat.

Suara.Com
Syaiful Rachman
Satu Jenazah Terlihat di Bangkai Piper Malibu, Sala atau Ibbotson?
Bangkai pesawat PA46 dengan nomor registrasi N264DB ditemukan di dasar laut selat Inggris [AFP]

Suara.com - Senin (4/2/2019), Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris (AAIB), melakukan penelusuran ke dasar laut Selat Inggris, di titik lokasi ditemukannya pesawat ringan PA46 dengan nomor registrasi N264DB yang ditumpangi bomber anyar Cardiff City Emiliano Sala.

Sebagaimana diketahui, pesawat yang ditumpangi Sala hilang pada 21 Januari lalu. Pesawat itu bertolak dari Nantes, Prancis, menuju Cardiff, Wales.

Pesawat tersebut, total hanya membawa dua orang. Yaitu Emiliano Sala selaku penumpang dan pilot David Ibbotson.

Dalam penelusuran itu, AAIB menurunkan kapal Geo Ocean III. Sementara Blue Water Recoveries Ltd yang ikut membantu menurunkan kapal FPV Morven yang dilengkapi ROV, kapal robot yang dikendalikan dari jarak jauh.

Foto pemain asal Argentina Emiliano Sala yang hilang saat menuju Cardiff City, Senin (21/1/2019) [AFP]
Foto pemain asal Argentina Emiliano Sala yang hilang saat menuju Cardiff City, Senin (21/1/2019) [AFP]

"AAIB menggunakan kapal Geo Ocean III dan Blue Water Recoveries menurunkan FPV Morven ke lokasi ditemukannya bangkai pesawat pada Senin (3/2/2019) pagi, di dasar laut," ungkap juru bicara AAIB.

"Berdasarkan analisa dari rekaman ROV (kendaraan yang dikendalikan dari jarak jauh), para penyelidik memastikan jika itu adalah pesawat PA 46 dengan nomor registrasi N264DB bernama Piper Malibu."

Lewat rekaman yang ada pada ROV, satu jenazah terlihat dalam bangkai pesawat. Namun belum bisa dipastikan apakah itu jenazah Sala atau Ibbotson.

Sebelum mengevakuasi jenazah, AAIB terlebih dulu akan berkonsultasi dengan keluarga Sala dan Ibbotson, juga pihak berwenang. Dalam hal itu polisi.

"Tragis. Dalam rekaman yang diperoleh ROV, salah seorang penumpang terlihat jelas berada di dalam bangkai pesawat. AAIB saat ini tengah mempertimbangkan langkah yang harus diambil, dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan keluarga pilot, penumpang dan polisi."

Emiliano Sala diperkenalkan sebagai pemain baru Cardiff City [AFP]
Emiliano Sala diperkenalkan sebagai pemain baru Cardiff City [AFP]

Pesawat PA46 hilang kontak saat mengudara di Alderney, kepulauan Channel. Terakhir diketahui, pesawat tersebut berada di ketinggian 2300 kaki, 15 mil sebelah utara Guernsey.

Sala menumpang pesawat tersebut usai menggelar acara perpisahan dengan rekan-rekannya di Nantes. Seperti diketahui, Sala dibeli Cardiff City dari Nantes dengan nilai transfer sebesar 15 juta pound pada 19 Januari 2019. Pemain 28 tahun itu meneken kontrak berdurasi tiga setengah tahun bersama klub berjuluk Bluebirds.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini