Amido Balde Resmi Berseragam Persebaya

Pemain ini sebelumnya berkarier di liga-liga Eropa.

Suara.Com
Syaiful Rachman
Amido Balde Resmi Berseragam Persebaya
Penyerang asal Portugal Amido Balde [AFP]

Suara.com - Persebaya Surabaya mengontrak Amido Balde, pemain asing yang pernah bermain di salah satu klub elit  Skotlandia, Celtic FC, untuk mengarungi Liga 1 2019.

"Balde dikontrak satu musim dan sudah menjalani rangkaian tes, termasuk medis," ujar manajer Persebaya Chandra Wahyudi kepada wartawan usai menyaksikan latihan di Stadion Jenggolo Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (5/2/2019).

Saat ini, kata dia, manajemen masih melakukan penyelesaian proses administrasi dan surat yang dibutuhkan lainnya sehingga tidak ada kendala menghadapi Liga 1 2019 maupun Piala Indonesia.

Amido Balde adalah pesepak bola lulusan akademi klub Portugal, Sporting Lisbon, berlanjut bergabung dengan Sporting U-19 pada 2008, kemudian pada 2013 direkrut Celtic sekaligus membantu timnya juara Liga Skotlandia.

Pemain setinggi 193 centimeter itu sempat memperkuat timnas Portugal U-20 pada 2011 dan sukses mengantarkan Portugal sebagai "runner-up" dalam Piala Dunia U-20 pada tahun tersebut.

Penyerang asal Portugal Amido Balde [AFP]
Penyerang asal Portugal Amido Balde [AFP]

Amido Balde yang sudah bergabung dan mengikuti latihan perdana bersama pemain "Bajul Ijo" lainnya mengaku senang bisa bermain di Indonesia dan bangga karena mendapat apresiasi dari suporter, Bonek Mania, yang hadir langsung menyaksikan.

"Ini membuat saya semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi Persebaya. Saya siap bekerja keras dan menjalani semua program untuk meraih sukses bersama tim ini," ucap pesepak bola berusia 27 tahun itu seperti dimuat Antara.

Balde yang dikenal sebagai sahabat bek Liverpool, Virgil van Dijk, berharap tidak susah beradaptasi dengan timnya dan mengaku sudah mengetahui tentang Persebaya, termasuk loyalitas suporternya.

Bergabungnya Balde di tim peringkat ke-5 Liga 1 musim 2018 itu menambah daftar pemain baru di tubuh Persebaya, setelah kehadiran Novan Sasongko, Hansamu Yama Pranata, M. Alwi Slamat, Elisa Basna serta kiper Imam Arif Fadilla.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini