Nasib Solari di Ujung Tanduk, Valverde Kasih Dukungan Moral

Real Madrid baru saja tersingkir di babak 16 besar Liga Champions.

Suara.Com
Syaiful Rachman
Nasib Solari di Ujung Tanduk, Valverde Kasih Dukungan Moral
Pelatih Real Madrid, Santiago Solari. [JAVIER SORIANO / AFP]

Suara.com - Tersingkirnya Real Madrid di babak 16 besar Liga Champions membuat rentan posisi Santiago Solari sebagai pelatih Los Blancos. Kabar terbaru menyebut, manajemen Real Madrid saat ini tengah kasak-kusuk mencari pelatih baru untuk musim yang akan datang.

Dua nama pelatih yang pernah membesut Madrid santer dikabarkan akan kembali melatih Sergio Ramos dan kawan-kawan musim depan. Yaitu Zinedine Zidane dan Jose Mourinho.

Dibandingkan dua nama di atas, Solari bisa dibilang kalah kelas. Zidane adalah pelatih yang sukses membawa Madrid menjuarai Liga Champions tiga musim berturut-turut, sebelum akhirnya rekor tersebut dipatahkan Ajax di era Solari.

Sementara Mourinho, meski belum pernah memenangkan trofi Liga Champions bersama Madrid, pelatih asal Portugal itu pernah mempersembahkan trofi La Liga dan meraih dua trofi Liga Champions dengan klub berbeda (FC Porto dan Inter Milan).

Pemain Real Madrid tertunduk lesu usai gol kedua Ajax tercipta di Leg 2 Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019) dini hari WIB. (AFP)
Pemain Real Madrid tertunduk lesu usai gol kedua Ajax tercipta di Leg 2 Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019) dini hari WIB. (AFP)

Namun bagi pelatih Barcelona Ernesto Valverde, mendepak Solari dan membawa kembali Zidane atau Mourinho tidak akan menyelesaikan masalah yang tengah dialami Madrid. Karena menurut Valverde, semuanya sama-sama cerdas.

"Mereka (Zidane dan Mourinho) adalah pelatih hebat, saya tidak meragukan hal itu. Mereka sudah membuktikan," kata Valverde seperti dilansir Scoresway.

"Begitu pula dengan Solari."

Seperti diketahui, Real Madrid disingkirkan Ajax dari babak 16 besar Liga Champions musim ini. Unggul 2-1 di leg pertama, tak ada yang menyangka Madrid bisa dipermalukan Ajax di leg kedua. Menang 4-1 di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019), Ajax membalikkan agregat menjadi 5-3 sekaligus memastikan tiket perempat final Liga Champions musim ini.

Kolase foto pelatih Barcelona Ernesto Valverde dan pelatih Real Madrid Santiago Solari (kanan) [AFP]
Kolase foto pelatih Barcelona Ernesto Valverde dan pelatih Real Madrid Santiago Solari (kanan) [AFP]

Kekalahan itu juga menjadi kekalahan keempat Madrid secara beruntun di Santiago Bernabeu. Di tiga pertandingan sebelumnya, Madrid dipermalukan Girona di ajang La Liga dan Barcelona di ajang Copa del Rey dan La Liga.

Kini, peluang Madrid untuk meraih gelar di musim 2018/19 hanya ada di La Liga. Mengantongi 48 poin dari 26 pertandingan, Madrid yang saat ini menempati posisi tiga klasemen sementara tertinggal 12 poin dari Barcelona yang masih kokoh di puncak.

Dengan 12 pertandingan tersisa, secara matematis peluang Madrid untuk mengambil alih puncak klasemen masih terbuka lebar. Dengan syarat jangan sampai 'terpeleset' atau kehilangan poin.

Real Valladolid akan menjadi tim pertama yang akan menjajal kekuatan Los Blancos pascakekalahan beruntunnya di berbagai ajang. Laga itu sendiri akan digelar di Estadio Jose Zorrilla, Senin (11/3/2019) dini hari WIB.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini