Lakoni Comeback, Persija Jakarta Hajar Klub Myanmar 3-1 di Piala AFC 2019

Persija bertandang ke Myanmar pada laga matchday 2 Grup G Piala AFC 2019, Selasa (12/3/2019) sore WIB.

Suara.Com
Rully Fauzi
Lakoni Comeback, Persija Jakarta Hajar Klub Myanmar 3-1 di Piala AFC 2019
Gelandang serang Persija Jakarta, Bruno Matos (kanan). [Twitter resmi Persija]

Suara.com - Persija Jakarta melakoni comeback untuk merebut kemenangan vital 3-1 atas klub Myanmar, Shan United pada laga matchday 2 Grup G Piala AFC 2019 di Thuwanna YTC Stadium, Yangon, Selasa (12/3/2010) sore WIB.

Persija memang ketinggalan 0-1 lebih dahulu lewat gol penggawa Shan asal Jepang, Reo Nakamura pada menit 14. Namun, Persija berhasil bangkit dengan memborong tiga gol pada paruh kedua.

Bruno Matos tampil cemerlang dengan menyumbang dua gol untuk Persija, masing-masing pada menit 66 dan 83. Sementara satu gol Persija lainnya dibukukan bek Steven Paulle pada menit 77. 

Dengan kemenangan ini, Persija Jakarta untuk sementara memuncaki klasemen Grup G dengan empat poin dari dua pertandingan, unggul satu poin atas Ceres FC yang menghuni peringkat kedua. Klub Filipina itu baru akan bermain menghadapi wakil Vietnam, Becamex Binh Duong pada laga kedua Grup G petang ini.

Jalannya Pertandingan

Persija langsung coba menekan pertahanan tim tuan rumah di awal-awal babak pertama, yakni melalui kombinasi Heri Susanto dan Dany Saputra. Namun sayang, upaya keduanya masih belum membuahkan hasil.

Pada menit kedelapan, giliran Riko Simanjuntak yang mengancam. Sepakan sudutnya mengarah kepada Paulle dan diteruskan ke Heri. Tetapi tandukannya masih melebar dan Persija masih urung membuka skor.

Shan yang bertindak sebagai tuan rumah lantas mencoba keluar dari tekanan demi tekanan. Peluang cukup bagus mereka ciptakan pada menit 12 lewat sepakan ambisius Set Phyo Wai. Sayang, percobaan ini masih melambung.

Kebuntuan akhirnya pecah. Meski minim serangan, Shan justru mampu unggul 1-0 lebih dahulu atas Persija, melalui gol Nakamura pada 16.

Tertinggal satu gol membuat Persija kian meningkatkan intensitas serangan mereka. Sejumlah peluang berhasil diciptakan, namun belum membuahkan hasil, termasuk dari Matos.

Pada menit 42, Matos mengeksekusi tendangan bebas di luar kotak penalti. Persija nyaris menyamakan kedudukan, andai bola tendangan Matos tidak membentur tiang gawang.

Tak ada gol tambahan lagi di sisa waktu babak pertama, sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Shan tak berubah sampai half-time.

Memasuki paruh kedua, Persija langsung tancap gas. Peluang coba diciptakan oleh Dany pada menit 49, namun crossing-nya tak mampu dimanfaatkan Ramdani Lestaluhu ataupun Riko.

Serangan bertubi-tubi yang dilakukan Persija akhirnya membuahkan hasil pada menit 66. Matos menuntaskan peluang emas dari sebuah umpan terobosan. Skor kini 1-1!

Usai gol Matos, Persija tetap bernafsu melakukan serangan meski mereka sejatinya bermain tandang. Gol kedua tim tamu pun akhirnya lahir pada menit 77. Persija comeback dan berbalik unggul 2-1 lewat gol Paulle memanfaatkan scrimmage di mulut gawang Shan.

Lima menit jelang waktu normal usai, Persija kembali menambah gol, lagi-lagi lewat Matos. Skor pun jadi 3-1 untuk keunggulan Persija, yang berakhir hingga laga rampung.

Susunan Pemain

Shan United XI: Latt; Zaw, Ye, Aung, Htan; Nakamura, Wai; Yan, Zin, Conceicao; Calijuri.

Persija Jakarta XI: Shahar; Ismed, Paulle, Maman, Dany; Rohit; Hery Susanto/Fitra Ridwan, Lestaluhu/Sandi, Matos, Riko; Escobar/Bambang Pamungkas.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini