Ingin Singkirkan Barcelona, Genesio Siapkan Jurus 'Matikan' Messi

Lyon akan bermain lepas di markas Barcelona.

Suara.Com
Syaiful Rachman
Ingin Singkirkan Barcelona, Genesio Siapkan Jurus 'Matikan' Messi
Kiper Lyon Anthony Lopes menghentikan bola di depan pemain depan Lionel Messi selama putaran leg pertama 16 besar Liga Champions antara Lyon melawan FC Barcelona di Stadion Groupama, Lyon, Perancis, Rabu (20/2) dini hari WIB. [FRANCK FIFE / AFP]

Suara.com - Laga berat akan dijalani Lyon di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Kamis (14/3/2019), tim asal Prancis itu akan menghadapi salah satu raksasa Eropa, Barcelona.

Menghadapi Barcelona di Camp Nou, Lyon membawa modal yang sangat berharga. Yaitu keberhasilan mereka menahan imbang tanpa gol tim besutan Ernesto Valverde di leg pertama yang digelar di Groupama Stadium, 20 Februari lalu.

Tidak kebobolan di kandang, menjadi keuntungan besar bagi Lyon. Karena jika di markas Barcelona laga berakhir imbang 1-1, menurut aturan produktivitas gol tandang, maka Lyon berhak atas tiket perempat final.

Namun mencuri gol ke gawang Barcelona, apalagi di kandangnya sendiri, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi juga tidak mustahil.

Di leg pertama, pelatih Lyon Bruno Genesio tidak bisa berbuat banyak kecuali bertahan. Namun di leg kedua, Genesio tidak memiliki pilihan lain. Mau tak mau, suka ataupun tak suka, Genesio harus berjudi di Camp Nou jika ingin melaju ke babak perempat final.

Pelatih Lyon Bruno Genesio hadiri jumpa pers jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra Barcelona di Camp Nou, Selasa (12/3/2019) [AFP]
Pelatih Lyon Bruno Genesio hadiri jumpa pers jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra Barcelona di Camp Nou, Selasa (12/3/2019) [AFP]

Datang sebagai non unggulan, Genesio menyadari jika peluang Lyon untuk lolos ke fase berikutnya masih seimbang dengan Barcelona. Berkaca dari keberhasilan Ajax menyingkirkan Real Madrid di Santiago Bernabeu pekan lalu, pelatih 52 tahun itu pun siap untuk memberikan para pemainnya kebebasan untuk menikmati pertandingan.

"Kami harus bermain lepas. Kami sadar, menghadapi salah satu tim terbaik di dunia akan sulit bagi kami. Tapi kami tahu kami mampu melakukannya," kata pelatih Lyon Bruno Genesio.

"Hasil pertandingan Ajax kontra Real Madrid menginspirasi kami."

Pemain depan Barcelona asal Lionel Messi (kiri) bersaing untuk mendapatkan bola dengan pemain tengah Lyon asal Prancis Lucas Tousart, pemain tengah Lyon Houssem Aouar (CR) dan pemain bertahan Lyon Marcelo (kanan) selama putaran leg pertama 16 besar Liga Champions antara Lyon melawan FC Barcelona  di Stadion Groupama, Lyon, Perancis, Rabu (20/2) dini hari WIB. [FRANCK FIFE / AFP]
Pemain depan Barcelona asal Lionel Messi (kiri) bersaing untuk mendapatkan bola dengan pemain tengah Lyon asal Prancis Lucas Tousart, pemain tengah Lyon Houssem Aouar (CR) dan pemain bertahan Lyon Marcelo (kanan) selama putaran leg pertama 16 besar Liga Champions antara Lyon melawan FC Barcelona di Stadion Groupama, Lyon, Perancis, Rabu (20/2) dini hari WIB. [FRANCK FIFE / AFP]

Untuk meredam keganasan lini depan Barcelona memang tidak mudah. Namun paling tidak Genesio bisa fokus pada peran sentral Messi di kubu Barcelona. Salah satu caranya dengan mematikan aliran bola kepada peraih lima trofi Ballon d'Or itu.

"Mereka (Barcelona) sangat bergantung pada Messi. Kami akan mengembangkan rencana pertandingan, khususnya untuk mengurangi peran Messi, dan kami harus bisa mengkalkulasi risiko," sambung Genesio seperti dikutip laman UEFA.

"Saya ragu leg kedua akan berakhir tanpa gol. Kami harus mencetak gol dan kami harus siap menderita," tegasnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini