Sir Alex Jadi Role Model Southgate dalam Membimbing Pemain Muda Inggris

Gareth Southgate tak sungkan mengakui jika Sir Alex Ferguson merupakan panutannya.

Suara.Com
Rully Fauzi
Sir Alex Jadi Role Model Southgate dalam Membimbing Pemain Muda Inggris
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. [AFP]

Suara.com - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate mengaku mengambil contoh dari manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson saat mencoba menangani dan membimbing para pemain muda Three Lions --julukan Timnas Inggris, seperti Jadon Sancho dan Callum Hudson-Odoi.

Setelah mencapai semifinal Piala Dunia 2018 lalu dan juga sukses menembus fase yang sama di UEFA Nations League perdana yang akan digelar musim panas ini, Timnas Inggris juga menjalani 2019 dengan baik setelah berhasil melumat Republik Ceko 5-0 di Wembley, Sabtu (23/3/2019) dini hari WIB, pada laga perdana mereka di kualifikasi Piala Eropa 2020.

Pemain sayap Borussia Dortmund yang tengah on fire musim ini, Jadon Sancho tampil brilian di pertandingan perdananya bersama Inggris, begitu juga winger muda penuh potensi Chelsea Callum Hudson-Odoi serta gelandang belia West Ham United Declan Rice, yang juga tampil apik di laga kontra Republik Ceko yang juga merupakan debut mereka bersama timnas senior.

"Kami memiliki kompetisi di antara para pemain untuk memperebutkan tempat, dan setidaknya di posisi depan, mereka sudah dewasa dalam usia yang masih sangat muda," sanjung Southgate mengomentari performa Sancho dan kawan-kawan, sebagaimana dilansir Sky Sports.

Southgate telah menunjukkan bahwa ia tidak ragu untuk memberi kesempatan kepada para pemain muda dan berusaha mengikuti cara Sir Alex Ferguson dalam mendidik para pemainnya di Man United dulu, contohnya seperti Ryan Giggs.

"Saya rasa kami bertanggung jawab dengan segalanya; seberapa banyak kami mengekspos mereka kepada publik, seberapa banyak kami menempatkan mereka dalam situasi komersial," tutur Southgate terkait tanggung jawab manajemen timnas kepada para pemain muda.

"Kita harus memikirkan semua itu sepanjang waktu, karena sangat mudah bagi mereka untuk menikmati saat-saat ini. Mereka harus menikmatinya, tetapi harus ada keseimbangan yang baik," celoteh mantan pelatih Middlesbrough itu.

"Saya selalu melihat cara Sir Alex (Ferguson) dengan Ryan (Giggs), dan bagaimana ia melakukannya dengan sangat baik. Mereka mampu mempertahankan kesuksesan sangat lama. Tak diragukan, saya melihat Sir Alex sebagai panutan dan berharap mampu mengikuti metodenya terkait treatment pada pemain-pemain muda," ungkap Southgate.

"Jadi, meski mereka bukan pemain kami sehari-hari, saya rasa kami memiliki tanggung jawab untuk melakukan itu sebanyak yang kita bisa. Ya, karena kami juga menempatkan mereka ke tingkat yang lebih tinggi dan kami harus memastikan kami mendapatkan keseimbangan yang tepat untuk klub, tetapi yang paling penting bagi pemain," tutup pelatih berusia 48 tahun itu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini