Taklukkan Brighton, Manchester City ke Final Piala FA

Gabriel Jesus menjadi bintang kemenangan Manchester City atas Brighton & Hove Albion

Suara.Com
Reky Kalumata
Taklukkan Brighton, Manchester City ke Final Piala FA
Striker Manchester City Gabriel Jesus (kedua kanan) merayakan golnya ke gawang Brighton and Hove Albion pada semifinal Piala FA di Wembley Stadium. Daniel LEAL-OLIVAS / AFP

Suara.com - Manchester City melaju ke final Piala FA setelah mengatasi Brighton & Hove Albion 1-0. Gol tunggal Gabriel Jesus memastikan kemenangan Manchester City dalam laga semifinal Piala FA tersebut.

Pada pertandingan di Stadion Wembley, London, Inggris, Minggu (7/4/2019) dini hari WIB, City sudah memimpin di awal lewat gol cepat Gabriel Jesus saat pertandingan baru berjalan empat.

Kemenangan ini membuat Manchester City tampil di final keduanya di musim ini. Sebelumnya skuat besutan Pep Guardiola ini sebelumnya menang di final Piala Liga Inggris.

Di final Piala FA, Manchester City akan menghadapi pemenang antara Watford vs Wolverhampton Wanderers yang baru akan bermain pada Minggu malam WIB.

Pemain Manchester City Gabriel Jesus, Bernardo Silva dan Aymeric Laporte (kiri ke kanan) memberikan aplaus pada fans setelah mengalahkan Brighton and Hove Albion di semifinal Piala FA di Wembley Stadium. Daniel LEAL-OLIVAS / AFP
Pemain Manchester City Gabriel Jesus, Bernardo Silva dan Aymeric Laporte (kiri ke kanan) memberikan aplaus pada fans setelah mengalahkan Brighton and Hove Albion di semifinal Piala FA di Wembley Stadium. Daniel LEAL-OLIVAS / AFP

Jalannya Pertandingan

Saat pertandingan baru berjalan empat, Manchester City sudah unggul. Gabriel Jesus berhasil menjebol gawang Brighton dengan sundulannya setelah menyambut bola umpan silang terarah kiriman Kevin de Bruyne.

City pun mulai mengontrol permainan setelah sudah unggul di awal. Sementara wasit Anthony Taylor bermurah hati kepada Kyle Walker yang hanya diganjar kartu kuning setelah menanduk Alireza Jahanbakhsh.

Namun, Brighton masih memiliki beberapa peluang. Antara lain umpan lambung jatuh di kaki Lewis Dunk di tiang jauh dan diteruskan dengan umpan lain yang masih terlalu tinggi, .

Sementara peluang lain Brighton lewat Davy Propper yang mendapatkan bola di depan kotak penalti dan melepaskan percobaan namun melebar ke kiri gawang.

Manchester City mendapatkan tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti di menit ke-28 namun tendangan yang dilepas De Bruyne masih dapat dihalau oleh pertahanan Brighton.

Giliran Brighton mendapatkan bola mati di menit ke-31. Shane Duffy menanduk umpan lambung, namun masih melebar dan tak membahayakan gawang City.

Pada menit ke-40, Brighton melakukan serangan cepat. Anthony Knockaert menusuk ke kanan dan melepaskan sepakan setelah melewati Benjamin Mendy. Namun sepakannya masih tipis berada ke kanan gawang.

Skor pun masih tetap 1-0 bagi keunggulan Manchester City hingga turun minum.

Di babak kedua, Brighton terus berusaha menekan dan pada menit ke-54 sebuah crossing berhasil disambut Shane Duffy dan mengarahkan ke muka gawang untuk diselesaikan Murray, namun Aymeric Laporte dengan sigap menyapu bola tepat di garis gawang.

Sementara Raheem Sterling berusaha menggandakan keunggulan City namun tembakannya dari pinggir kotak penalti berhasil digagalkan Mathew Ryan pada menit ke-64.

Sterling kembali mencoba mengancam namun masih dapat diblok Lewis Dunk di menit ke-79. Sementara Brighton balas mengancam lewat Jose Izquierdo di menit ke-86 namun bola masih dapat diamankan Ederson Moraes.

Tidak ada gol tambahan di babak kedua. Manchester City pun melenggang ke babak final Piala FA dengan kemenangan 1-0 atas Brighton.

Susunan pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker (Danilo), Nicolas Otamendi, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy (John Stones); Kevin de Bruyne (Fernandinho), Ilkay Guendogan, David Silva; Bernardo Silva, Gabriel Jesus, Raheem Sterling
Pelatih: Pep Guardiola

Brighton & Hove Albion (4-3-3): Mathew Ryan; Martin Montoya, Shane Duffy, Lewis Dunk, Bernardo; Davy Proepper, Dale Stephens, Yves Bissouma (Juergen Locadia); Anthony Knockaert, Glenn Murray (Florin Andone), Alireza Jahanbakhsh (Jose Izquierdo)
Pelatih: Chris Hughton

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini