Melawat ke Goodison Park, Arsenal Pulang dengan Tangan Hampa

Arsenal melawat ke markas Everton, Goodison Park pada laga lanjutan Liga Inggris 2018/2019, Minggu (7/4/2019) malam WIB.

Suara.Com
Rully Fauzi
Melawat ke Goodison Park, Arsenal Pulang dengan Tangan Hampa
Gelandang Arsenal, Aaron Ramsey (kanan) dibayangi dua gelandang Everton, Andre Gomes (kiri) dan Idrissa Gueye (tengah) pada laga lanjutan Liga Inggris 2018/2019 di Goodison Park, Minggu (7/4/2019) malam WIB. [Oli SCARFF / AFP]

Suara.com - Perjuangan Arsenal dalam mencapai target mereka finis empat besar di Liga Inggris musim ini mendapat pukulan besar. The Gunners menyerah 0-1 kala melawat ke markas Everton, Goodison Park, pada laga lanjutan Liga Inggris 2018/2019, Minggu (7/4/2019) malam WIB.

Satu-satunya gol di partai ini dicetak centre-back gaek Everton, Phil Jagielka pada menit 10. Menariknya, Jagielka adalah nama kejutan di starting eleven Everton, sebagaimana pemain berusia 36 tahun itu menggantikan posisi Michael Keane dan Yerry Mina yang sama-sama tengah dirundung cedera.

Dengan kekalahan ini, Arsenal tertahan di peringkat keempat klasemen sementara dengan raihan 63 poin dari 32 laga. The Gunners membuang kesempatan untuk menyalip rival sekota mereka, Tottenham Hotspur yang duduk di posisi ketiga dengan 64 poin dari 32 laga.

Arsenal pun gagal melebarkan keunggulan mereka dari tim peringkat kelima Chelsea dan tim peringkat keenam Manchester United. Arsenal hanya unggul selisih gol atas Chelsea dan dua poin dari Manchester United, dengan jumlah laga yang sama.

Sementara itu dengan kemenangan ini, Everton kini naik ke peringkat kesembilan dengan koleksi 46 poin dari 33 pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Di Goodison Park, Everton unggul cepat pada menit 10 lewat gol yang dilesakkan Phil Jagielka. Sebuah throw-in Lucas Digne disundul Jagielka ke tengah kotak penalti Arsenal.

Dominic Calvert-Lewin yang coba menyambut lantas bertabrakan dengan rekannya sendiri. Beruntung bagi Everton, bola liar mengarah ke Jagielka. Nama terakhir pun tanpa ragu menceploskan bola ke gawang Arsenal. Everton unggul 1-0!

Everton kembali mengancam pada menit 15. Sayang, tembakan jarak jauh Andre Gomes masih dari sasaran.

Peluang pertama Arsenal sendiri baru hadir pada menit 24. Namun, percobaan wing-back Ainsley Maitland-Niles masih bisa dibendung oleh barisan belakang Everton.

Well, meski sudah unggul, tetap memainkan sepakbola yang positif. Tuan rumah sempat mengancam lewat Gylfi Sigurdsson dan Calvert-Lewin, namum hingga babak pertama rampung, skor 1-0 tetap bertahan.

Memasuki paruh kedua, Everton masih tetap mengambil inisiatif penyerangan. Di sisi lain, Arsenal juga terlihat lebih bernafsu dalam menekan pertahanan Everton.

Bernard gagal memanfaatkan peluang emas untuk memperlebar keunggulan Everton pada menit 59. Tinggal one-on-one dengan kiper Arsenal, Bernd Leno, tendangan sang winger dari jarak dekat bisa ditepis.

Usaha winger Everton lainnya, Richarlison pada menit 68 juga masih belum tepat sasaran. Bolanya melebar ke arah kanan gawang dari Arsenal.

Kedua tim terus jual-beli serangan. Arsenal mengancam lewat Henrikh Mkhitaryan, sementara Sigurdsson dan Richarlison gagal memanfaatkan dua kans bagus untuk menggandakan skor bagi Everton.

Menit 81, Leno melakukan penyelamatan lagi untuk Arsenal. Dan lagi-lagi, tendangan Bernard yang berhasil ditepis kiper asal Jerman tersebut!

Arsenal kesulitan untuk keluar dari tekanan, namun di sisa waktu pertandingan, tak ada lagi gol tambahan yang tercipta. Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Susunan Pemain

Everton XI (4-2-3-1): Pickford, Coleman, Zouma, Jagielka, Digne; Gueye, Gomes; Richarlison/Walcott, Sigurdsson/Davies, Bernard/Lookman, Calvert-Lewin. 

Pelatih: Marco Silva (Portugal)

Arsenal XI (3-4-2-1): Leno; Sokratis, Monreal, Mustafi; Maitland-Niles, Elneny/Ramsey, Guendouzi, Kolasinac/Aubameyang, Ozil/Iwobi, Mkhitaryan; Lacazette.

Pelatih: Unai Emery (Spanyol)

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini