Hasil Liga Champions: Liverpool Taklukkan Porto 2-0

Dua gol Liverpool ke gawang Porto diciptakan di babak pertama

Suara.Com
Reky Kalumata
Hasil Liga Champions: Liverpool Taklukkan Porto 2-0
Para pemain Liverpool merayakan gol Liverpool Roberto Firmino (kanan) ke gawang Porto di Anfield. LLUIS GENE / AFP

Suara.com - Liverpool sukses meraih kemenangan di leg pertama perempat final Liga Champions setelah menekuk Porto 2-0. Gol dalam laga Liverpool vs Porto ini dicetak oleh Naby Keita dan Roberto Firmino.

Pada laga Liverpool vs Porto di Anfield, Rabu (10/4/2019) dini hari WIB, Keita membuka kemenangan Liverpool di menit kelima.  Roberto Firmino memperbesar keunggulan the Reds menjadi 2-0 juga di babak pertama.

Kemenangan 2-0 ini menjadi modal yang baik bagi Liverpool untuk lolos ke babak berikutnya. Di leg kedua, giliran Liverpool yang akan bertandang ke markas Porto di Estadio do Dragao pada Kamis (18/4/2019) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Porto lebih dulu menekan di awal namun sepakan kaki kanan Moussa Marega masih melebar di sisi kanan gawang. Namun Liverpool akhirnya memimpin lebih dulu 1-0 atas Porto lewat tembakan kaki kanan Keita di menit kelima.

Gelandang Liverpool Naby Keita (kanan) merayakan golnya ke gawang Porto bersama Roberto Firmino di Anfield. LLUIS GENE / AFP
Gelandang Liverpool Naby Keita (kanan) merayakan golnya ke gawang Porto bersama Roberto Firmino di Anfield. LLUIS GENE / AFP

Berawal dari umpan Firmino kepada Keita yang dalam posisi bebas. Gelandang asal Guinea itu melepaskan sepakannya yang sempat membentur bek lawan sebelum masuk ke dalam gawang Porto yag dikawal Iker Casillas.

Liverpool masih melanjutkan tekanannya. Peluang Mohamed Salah lewat sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih dapat diamankan Casillas di menit ke-18. Satu lagi ancaman dari Salah lewat sepakan kaki kirinya masih melebar di menit ke-22.

Empat menit berselang, Liverpool sudah unggul 2-0. Giliran Roberto Firmino yang mencatatkan namanya di papan skor setelah menjebol gawang Porto lewat sontekan kaki kanannya menyambut umpan Trent Alexander-Arnold.

Tertinggal 0-2, Porto mencoba meningkatkan serangannya. Pada menit ke-30, Moussa Marega mencoba mengancam Liverpool lewat tembakan kaki kirinya namun masih dapat digagalkan kiper Alisson Becker.

Gelandang Liverpool Roberto Firmino melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Porto pada laga Liga Champions di Anfield. LLUIS GENE / AFP
Gelandang Liverpool Roberto Firmino melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Porto pada laga Liga Champions di Anfield. LLUIS GENE / AFP

Sementara sundulan pemain Porto Tiquinho Soares menyambut crossing Alex Telles masih melenceng dari sasaran. Moussa Marega kembali mengancam namun sepakan kaki kanannya kembali dapat digagalkan Alisson di menit ke-31.

Liverpool juga masih tetap mencoba membuka peluang. Pada menit ke-34, Firmino membuang peluang setelah bola hasil sepakannya masih melayang setelah menyambut umpan Jordan Henderson.

Hingga turun minum skor masih 2-0 bagi keunggulan Liverpool. Di babak kedua, Porto lebih dulu mengambil inisiatif serangan namun sundulan Danilo Pereira masih melenceng ke sisi kanan gawang setelah menyambut sepak pojok di menit ke-52.

Porto masih terus mencoba mencari gol tandangnya. Pada menit ke-55, usaha Óliver Torres lewat tendanganya dari luar kotak penalti masih belum tepat sasaran setelah melebar di sisi kanan tuan rumah.

Sementara peluang Salah dan Sadio Mane masih gagal memperbesar keunggulan. Pada menit ke-80, Marega gagal memanfaatkan peluangnya setelah sepakannya dari sudut sempit masih melenceng dari sasaran.

Hingga wasit meniupkan peluit panjang skor tetap 2-0 bagi Liverpool. Tentu saja ini hasil positif bagi skuat besutan Jurgen Klopp sebelum bertandang ke markas Porto pada leg kedua pekan depan.

Susunan pemain

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Dejan Lovren, Virgil van Dijk, James Milner; Jordan Henderson, Fabinho, Naby Keita; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Daniel Sturridge 83'), Sadio Mane (Divock Origi 73').

Porto: Iker Casillas; Maxi Pereira, Felipe, Eder Militao, Alex Telles; Otavio, Oliver Torres (Bruno Costa 75'), Danilo Pereira, Jesus Manuel Corona; Moussa Marega, Tiquinho Soares (Yance Brahimi 62').

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini