Preview Ajax Amsterdam vs Juventus: Ronaldo Kembali, Tuan Rumah Bisa Apa?

Ajax Amsterdam akan menerima lawatan Juventus di Johan Cruijff ArenA dini hari nanti.

Suara.Com
Rully Fauzi
Preview Ajax Amsterdam vs Juventus: Ronaldo Kembali, Tuan Rumah Bisa Apa?
Ilustrasi Ajax vs Juventus (suara.com)

Suara.com - Tim kuda hitam asal Belanda, Ajax Amsterdam bersiap menantang raksasa Italia, Juventus pada laga leg pertama babak perempatfinal Liga Champions 2018/2019 di Johan Cruijff Arena, Kamis (11/4/2019) dini hari WIB. Ajax akan menjadi tuan rumah pada leg pertama ini.

So, inikah akhir fairytale Ajax, yang telah meniti jalan panjang hingga mencapai babak delapan besar ini? Terlebih lawan yang akan dihadapi di fase ini adalah Juventus, tim sarat pengalaman dalam kompetisi paling elite Benua Biru dan amat tangguh dalam beberapa musim terakhir.

Well nanti dulu, Juventus akan salah besar jika memandang sebelah mata Ajax. De Godenzonen --julukan Ajax-- sukses menyingkirkan juara Liga Champions dalam tiga edisi terakhir, yakni Real Madrid di babak 16 besar musim ini, dengan kemenangan sensasional 4-1 di Santiago Bernabeu menjadi highlight-nya.

Di babak fase grup, yakni di Grup E, Ajax juga sukses dua kali menahan imbang raksasa Jerman Bayern Munich dan akhirnya lolos ke fase gugur dengan status runner-up grup.

Di kompetisi domestik, Ajax juga tengah memimpin klasemen sementara Eredivisie 2018/2019 dengan lima matchweek tersisa. Ajax sejauh ini bahkan telah sukses mengemas 100 gol dari 29 pertandingan Liga Belanda musim ini.

Selain itu, Ajax juga punya kartu AS yang tentu bakal sangat diwaspadai kubu Juventus pada laga dini hari nanti. Kartu AS tersebut adalah attacker Dusan Tadic, yang telah mengemas enam gol di Liga Champions musim ini.

Bintang Ajax Amsterdam, Dusan Tadic. [laman resmi Ajax]
Bintang Ajax Amsterdam, Dusan Tadic. [laman resmi Ajax]

Tadic kini tengah berada di posisi kedua daftar top skor Liga Champions 2018/2019. Jumlah gol forward asal Serbia itu hanya kalah dari Lionel Messi (Barcelona) dan Robert Lewandowski (Bayern Munich), yang sama-sama telah mencetak delapan gol dan memimpin daftar top skor.

Namun demikian, ujian yang akan dihadapi Ajax dini hari nanti memang akan sangat berat. Juventus sangat superior di kompetisi domestik mereka musim ini, dan seperti biasa, Bianconeri --julukan Juventus-- juga tampil oke di Liga Champions.

Di babak fase grup, Juventus lolos ke fase gugur setelah memenangi persaingan juara Grup H dengan Manchester United.

Sementara di babak 16 besar lalu, sempat kalah 0-2 saat bertandang ke markas Atletico Madrid pada leg pertama, Bianconeri melakoni comeback fenomenal pada leg kedua dengan menang 3-0 di Allianz Stadium.

Cristiano Ronaldo memborong ketiga gol Juventus pada laga tersebut, dan kabar buruk untuk Ajax, CR7 --julukan Ronaldo-- siap comeback dini hari nanti setelah absen di beberapa laga terakhir Bianconeri karena cedera hamstring.

Kembalinya Ronaldo ini sudah dikonfirmasi pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, sebagaimana sang allenatore juga memastikan kalau penyerang berusia 34 tahun itu akan jadi starter pada laga dini hari nanti. Hal ini disampaikan Allegri pada konferensi pers jelang partai ini.

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo rayakan golnya ke gawang Atletico Madrid  di leg kedua babak 16 besar Liga Champions [AFP]
Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo. [AFP]

Sebagai informasi, meski sempat beberapa kali dibelit cedera pada musim ini, Ronaldo tetap mampu membukukan 24 gol plus 12 assist untuk Juventus dari 36 laga yang telah dijalaninya di semua kompetisi.

Torehan tersebut jelas fenomenal, mengingat usia sang megabintang kini sudah tak muda lagi.

Team News

Dari kubu Juventus, centre-back andalan, Giorgio Chiellini masih akan absen karena cedera betis. Gelandang serbabisa Emre Can juga belum bisa tampil karena cedera engkel.

Di sisi lain, Ajax bisa tampil dengan kekuatan penuh, sebagaimana seluruh pemain berada dalam kondisi fit tanpa cedera. Praktis hanya full-back Noussair Mazraoui yang akan absen lawan Juventus karena suspensi kartu.

Prakiraan Susunan Pemain

Ajax Amsterdam XI: Onana; Veltman, De Ligt, Blind, Tagliafico; Van de Beek, Schone, De Jong; Ziyech, Tadic, Neres.

Pelatih: Erik ten Hag (Belanda)

Juventus XI: Szczesny; De Sciglio, Bonucci, Rugani, Alex Sandro; Betancur, Pjanic, Matuidi; Bernardeschi; Mandzukic, Ronaldo.

Pelatih: Massimiliano Allegri (Italia)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini