Liga 1 2019 Gunakan Wasit Asing?

Liga 1 2019 akan bergulir bulan depan.

Suara.Com
Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Liga 1 2019 Gunakan Wasit Asing?
Direktur PT Liga Indonesia Baru Dirk Soplanit (kiri) dan Ketua BOPI Richard Sambera (kanan). [Suara.com/Adie Prasetyo]

Suara.com - Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Dirk Soplanit tidak menampik peluang penggunaan wasit asing di Liga 1 2019. Seperti halnya yang dilakukan PSSI di Liga 1 2017.

PT LIB sendiri tidak memiliki kuasa soal pemilihan wasit. Karena pemilihan wasit, sepenuhnya ada di tangan PSSI melalui Komite Wasit.

"Kalau untuk wasit nanti ada rapat Exco (Komite Eksekutif) PSSI. Sudah diwacanakan (wasit asing) dan semoga ditindaklanjuti karena ada badan sendiri untuk wasit, lepas dari PT LIB dan PSSI, itu independen," kata Dirk di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

"Semoga bisa terwujud. Karena tekad kita adalah melangkah lebih baik ke depan," tambah lelaki yang juga anggota Exco PSSI itu.

Sementara itu, regulasi pemain tidak ada perubahan dari musim lalu. Untuk legiun asing, setiap klub diharuskan menggunakan 3+1. Artinya tiga pemain asing bebas dari manapun berasal dan satu wajib dari benua Asia.

Kemudian untuk pemain-pemain muda, PT LIB masih mewajibkan. Setiap klub peserta Liga 1 diharuskan memiliki tujuh pemain muda di bawah usia 23 tahun.

"Tetap sama tujuh pemain muda yang harus didaftarkan. Tapi tidak wajib main," tambahnya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini