Tundukkan Persebaya 2-0, Arema FC Kampiun Piala Presiden 2019

Arema FC unggul agregat 4-2 setelah menang 2-0 di Stadion Kanjuruhan pada leg kedua final Piala Presiden 2019, Jumat (12/4/2019) malam WIB.

Suara.Com
Rully Fauzi
Tundukkan Persebaya 2-0, Arema FC Kampiun Piala Presiden 2019
Pesepakbola Arema FC, Makan Konate (kedua dari kanan) berusaha melewati hadangan tiga pesepakbola Persebaya dalam laga leg kedua final Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Jumat (12/4/2019) malam WIB. [ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto]

Suara.com - Arema FC keluar sebagai kampiun Piala Presiden 2019 usai menumbangkan Persebaya 2-0 dalam Derby Jawa Timur pada leg kedua final yang dihelat di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (12/4/2019) malam WIB.

Arema FC unggul agregat 4-2 setelah pada leg pertama di kandang Persebaya awal pekan ini berhasil mengamankan hasil imbang 2-2.

Sepasang gol Arema di partai leg kedua ini dibukukan Ahmad Nur Hardianto pada menit 43, serta Ricky Kayame pada menit 90+1.

Jalannya Pertandingan

Menit kedua, Persebaya langsung mengancam via striker andalan mereka, Manuchekhr Dzhalilov. Sayang, sepakan penyerang berpaspor Tajikistan itu hanya membentur mistar gawang Arema.

Dua menit berselang, giliran eksekusi tendangan bebas bintang Arema, Makan Konate yang mengenai tiang gawang Persebaya. Nyaris!

Setelah peluang Konate itu, sampai menit 15, kedua tim mulai menurunkan tempo permainan setelah sekian banyak peluang tercipta.

Meski demikian, kedua tim kemudian jual-beli serangan sampai laga memasuki menit 30.

Bagi Persebaya, kemenangan 1-0 sudah cukup untuk membawa pulang trofi ke Surabaya. Tapi hingga kini belum ada lagi peluang emas yang berhasil diciptakan tim berjuluk Bajul Ijo tersebut.

Justru Arema yang terlihat lebih terskema dalam melakukan serangan dan lebih berbahaya. Tim tuan rumah pun akhirnya berhasil unggul via Ahmad Nur Hardianto pada menit 43.

Umpan terobosan Konate bisa diselesaikan pemain nomor punggung tujuh itu menjadi gol dengan tendangan keras.
1-0!

Skor 1-0 untuk keunggulan Arema ini sendiri bertahan sampai wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga babak pertama.

Memasuki babak kedua, Arema masih tetap mengambil inisiatif serangan. Menit 59, umpan silang mendatar dari Konate di sisi kiri bisa diputus oleh Hansamu Yama dengan sangat baik. Momentum Arema pun rusak kali ini.

Menit 73, kamera televisi menyorot Khofifah Indar Parawangsa, Puan Maharani dan Gusti Randa yang berada di tribun VIP Stadion Kanjuruhan.

Khofifah sendiri akan menggantikan Presiden Jokowi untuk menganugerahkan trofi pada tim juara Piala Presiden 2019.

Laga terus berlanjut, menit 84, penyerang Dedik Setiawan mendapat bola dan langsung memimpin serangan Arema. Sayang, umpan silang Konate tak maksimal sehingga kans ini pun terbuang percuma.

Menit pertama injury time babak kedua, Ricky Kayame akhirnya memastikan kemenangan 2-0 Arema FC.

Bola lepas dari tangkapan kiper Persebaya, Abdul Rohim, dan bola pun jatuh di kaki Kayame yang sukses meneruskan bola ke gawang untuk menjadi gol.

Di sedikit waktu sisa pertandingan, tak ada lagi gol yang tercipta. Laga pun berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Arema FC.

Susunan Pemain

Arema FC XI: Kurniawan Katrina Aji; Hanif Sjahbandi, Arthur Cunha, Hamka Hamza, Johan Ahmad Farizie, Alfin Tuasalamony, Hendro Siswanto, Makan Konate, Nur Hardianto, Dedik Setiawan, Riky Kayame.

Persebaya XI: Abdul Rohim; Novan Sasongko, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi, Abu Rizal, Damian Lizio, Misbakus Solihin, Irfan Jaya, Manuchekhr Dzhalilov, Amidou Balde.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini