Preview Barcelona vs Manchester United: Haram Remehkan Tim Tamu!

Barcelona akan bentrok dengan Manchester United di Camp Nou dini hari nanti.

Suara.Com
Rully Fauzi
Preview Barcelona vs Manchester United: Haram Remehkan Tim Tamu!
Ilustrasi Barcelona vs Manchester United pada leg kedua perempatfinal Liga Champions 2018/2019. [suara.com]

Suara.com - Barcelona bersiap menerima lawatan Manchester United di Camp Nou, dalam laga leg kedua perempatfinal Liga Champions 2018/2019, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. 

Bagi Man United, ini bisa dibilang merupakan misi yang amat sulit sebagaimana mereka telah tertinggal agregat 0-1. Pada leg pertama di Old Trafford pekan lalu, Man United memang praktis tak bisa berbuat banyak di kandang mereka sendiri.

Gol bunuh diri Luke Shaw pada menit 12 memang memberikan keuntungan besar buat Barca. Man United kini harus mencetak gol dan harus menang dini hari nanti jika ingin menjaga peluang untuk bisa lolos ke semifinal.

Luis Suarez dan para pemain Barcelona merayakan gol setelah bek MU Luke Shaw membuat gol bunuh diri saat laga Liga Champions di Old Trafford.
Luis Suarez dan para pemain Barcelona merayakan gol setelah fullback Manchester United, Luke Shaw (baju merah) membuat gol bunuh diri pada laga leg pertama perempatfinal Liga Champions 2018/2019 di Old Trafford pekan lalu

Menjadi kian berat karena Camp Nou sendiri kini menjadi seperti sangat angker bagi para tamu. Tak ada satu pun tim yang mampu pulang dengan membawa kemenangan dalam pertandingan Liga Champions dari markas Barcelona tersebut sejak 2013 silam.

Menurut data Soccerway, dalam periode hampir enam tahun hingga sekarang, Barca total menerima lawatan 30 klub dari berbagai penjuru Eropa.

Dan secara fenomenal, Blaugrana --julukan Barcelona-- mengemas 27 kemenangan dan hanya tiga kali imbang tanpa pernah kalah. Yang lebih gilanya lagi, Barca sukses membukukan 93 gol alias, yang mana rasionya adalah 3,1 gol per laga!

Bicara performa terkini, Barca asuhan entrenador Ernesto Valverde sudah tak terkalahkan di 18 laga pamungkas mereka di semua kompetisi, dengan mengemas 12 kemenangan. 

Para pemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Real Betis dalam lanjutan Liga Spanyol. JORGE GUERRERO / AFP
Para pemain Barcelona merayakan gol Lionel Messi ke gawang Real Betis dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2018/2019. [JORGE GUERRERO / AFP]

Di sisi lain, Man United tengah berada dalam kondisi kurang ideal. The Red Devils --julukan Man United-- harus susah payah untuk mengalahkan West Ham United 2-1 di Old Trafford pada laga lanjutan Liga Inggris akhir pekan lalu.

Man United arahan pelatih Ole Gunnar Solskjaer juga telah menelan empat kekalahan dari enam pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi!

Bicara sisi historis, Man United juga selalu keok dari Barcelona dalam tiga pertemuan terakhir kedua tim, termasuk dua kekalahan di final Liga Champions musim 2008/2009 dan musim 2010/2011.

Belum cukup sampai di situ, Man United juga tanpa kemenangan dalam tujuh partai terakhir mereka melawan tim-tim Spanyol di kancah Eropa (Menang 0, Seri 3, Kalah 4).

Well, apa pun itu, akan salah besar jika Barcelona memandang sebelah mata Man United dini hari nanti. The Red Devils memang belakangan dikenal jago tandang di Eropa, khususnya di Liga Champions musim ini.

Menurut data Squawka, Man United hanya kalah dua kali dalam 13 laga tandang terakhir mereka di Eropa (Menang 8, Seri 3, Kalah 2), dengan hanya kebobolan delapan gol.

Di babak 16 besar Liga Champions musim ini, Man United bahkan sukses melakoni comeback melawan raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

Penyerang Manchester United, Marcus Rashfrord (kanan) bercengkerama dengan wonderkid Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe seusai laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB. [FRANCK FIFE / AFP]
Penyerang Manchester United, Marcus Rashfrord (kanan) bercengkerama dengan wonderkid Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe seusai laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB. [FRANCK FIFE / AFP]

Kalah 0-2 di Old Trafford pada leg pertama, Man United justru secara luar biasa menang 3-1 di Paris pada leg kedua dan lolos ke perempatfinal.

Jangan lupakan juga, Man United sempat mengalahkan raksasa Italia, Juventus dengan skor 2-1 saat melakoni laga tandang pada babak fase grup lalu.

Ya, Man United telah membuktikan kapasitas mereka sebagai tim jago tandang, dengan dua raksasa Eropa, PSG dan Juventus menjadi korbannya.

Ekspresi Jose Mourinho usai Klubnya Manchester United mengalahkan Juventus pada pertandingan Grup H Liga Champions Juventus melawan Manchester United di Stadion Allianz,Turin, Italia, Kamis (8/11). [AFP/Marco BERTORELLO]
Ekspresi  mantan manajer Manchester United, Jose Mourinho usai timnya mengalahkan Juventus 2-1 pada laga Grup H Liga Champions 2018/2019 di Allianz Stadium, Turin, Kamis (8/11/2018) dini hari WIB. [AFP/Marco BERTORELLO]

Dan yang menarik, jika Man United mampu mereplika kemenangan tandang 3-1 di Paris ataupun kemenangan 2-1 di Turin pada laga kontra Barca di Camp Nou dini hari nanti, maka Man United dipastikan akan melenggang ke semifinal dengan keunggulan gol tandang! 

Team News

Dari kubu Barcelona, semua pemain berada dalam kondisi siap tempur. Praktis hanya gelandang Rafinha Alcantara yang bakal absen melawan Man United lantaran cedera paha.

Peluang bek Thomas Vermaelen untuk tampil masih 50:50 karena cedera hamstring, namun selain itu semua penggawa Barcelona dalam kondisi fit tanpa cedera.

Di sisi lain, Man United dipastikan tanpa centre-back Eric Bailly (geger otak), gelandang enerjik Ander Herrera (cedera paha), serta Antonio Valencia yang telah lama absen merumput karena cedera betis.

Meski demikian, absennya Luke Shaw di sisi fullback kiri tentu menjadi kehilangan yang paling besar buat kubu Man United. Pemain internasional Inggris itu harus absen karena suspensi kartu kuning.

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona XI (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Busquets, Arthur, Rakitic; Coutinho, Suarez, Messi. 

Pelatih: Ernesto Valverde (Spanyol)

Manchester United XI (5-3-2): De Gea; Young, Smalling, Lindelof, Darmian, Dalot; Fred, McTominay, Pogba; Rashford, Lukaku.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer (Norwegia)

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini