Ajax ke Semifinal Liga Champions Usai Permalukan Juventus di Turin

Ajax berhasil unggul dengan agregat 2-3, setelah berhasil menahan imbang Juventus dengan skor 1-1 di Amsterdam.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Ajax ke Semifinal Liga Champions Usai Permalukan Juventus di Turin
Kapten Ajax yang baru berusia 19 tahun, Matthijs de Ligt, merayakan golnya ke gawang Juventus di leg kedua laga perempat final Liga Champions, Rabu dini hari (17/4/2019) waktu Indonesia. [AFP/Marco Bertorello]

Suara.com - Ajax berhasil memastikan satu tempat di semifinal Liga Champions setelah berhasil mempermalukan Juventus dalam laga leg kedua perempat final yang digelar di Allianz Stadium, Turin, Italia, Rabu dini hari waktu Indonesia (17/4/2019).

Dalam laga itu Ajax berhasil mengalahkan tuan rumah Juventus dengan skor 1-2. Dengan demikian, jawara asal Belanda itu berhasil unggul dengan agregat 2-3, setelah berhasil menahan imbang Cristiano Ronaldo dkk dengan skor 1-1 di Amsterdam pekan lalu.

Bermain di Turin, Ajax lebih dulu tertinggal 1-0. Adalah Ronaldo yang membawa Juventus unggul lebih dulu pada menit 28. Gol itu diciptakan Ronaldo dengan sundulan, memanfaatkan umpan dari sepakan sudut yang dikirim Miralem Pjanic.

Tapi hanya lima menit berselang, Ajax sudah menyamakan kedudukan. Tepat pada menit 33, Donny van de Beek, yang menerima umpan Hakim Ziyech di dalam kotak penalti, berhasil mengecoh Wojciech Szczesny untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Hingga babak pertama usai skor 1-1 tak berubah.

Di babak kedua, Ajax tampil makin garang. Laga baru memasuki menit 51, Ziyech nyaris saja membobol gawang Juventus jika tembakannya dari dalam kotak penalti tak ditepis Szczesny.

Tapi mimpi buruk Juventus yang sebenarnya datang di menit 67 lewat bek tengah 19 tahun, Matthijs de Ligt. Kapten Ajax itu membawa timnya unggul melalui sundulan akurat, memanfaatkan umpan Lasse Schoene dari tendangan pojok.

Tertinggal 1-2, Juventus berusaha untuk membalas. Tetapi Ajax bermain sangat apik. Bahkan di atas kertas, Ajax mampu mengimbangi tuan rumah di segi penguasaan bola (49 persen) dan memproduksi 11 tembakan (4 di antaranya on target) - sementara Juventus hanya melepaskan 10 tembakan (cuma 3 yang on target).

Hingga laga itu usai, skor 1-2 untuk kemenangan Ajax tak berubah.

Susunan pemain:

Juventus (4-3-3): Wojciech Szczesn; Mattia De Sciglio (Joao Cancelo 64), Leonardo Bonnucci, Daniel Rugani, Alex Sandro; Emre Can, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Federico Bernadeschi (Rodrigo Bentancur 80), Paulo Dybala (Moise Kean 46), Cristiano Ronaldo.

Ajax (4-2-1-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui (Daley Sinkgraven 11) (Lisandro Magallan 82), Daley Blind, Matthijs de Ligt, Joel Veltman; Frenkie de Jong, Lasse Schoene; Denny van de Beek; David Neres, Dusan Tadic, Hakim Ziyech (Klaas Jan Huntelaar 88).

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini