Tersingkir di 8 Besar, Allegri: Juventus Tak Bisa Ronaldo-sentris!

Menurut Allegri, semua pemain Juventus harus ikut berkontribusi.

Suara.Com
Rully Fauzi
Tersingkir di 8 Besar, Allegri: Juventus Tak Bisa Ronaldo-sentris!
Ekspresi kekecewaan megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo pada laga leg kedua perempatfinal Liga Champions 2018/2019 kontra Ajax Amsterdam di Allianz Stadium, Turin, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. [Filippo MONTEFORTE / AFP]

Suara.com - Juventus harus harus tersingkir di fase perempatfinal Liga Champions musim ini usai dipermalukan tamunya, Ajax Amsterdam 1-2 pada laga leg kedua di Allianz Stadium, Turin, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. Juventus tersingkir usai kalah agregat total 2-3.

Cristiano Ronaldo sempat membawa Juventus unggul pada menit 28 setelah megabintang berusia 34 tahun itu mencetak gol memanfaatkan umpan Miralem Pjanic.

Namun sayang, Ajax bisa menyamakan kedudukan pada menit 34 lewat gol Donny van de Beek usai memaksimalkan sodoran cantik Hakim Ziyech. 

Bintang muda sekaligus kapten Ajax, Matthijs de Ligt akhirnya memastikan kemenangan timnya pada menit 67, menyudahi peluang yang dikreasi Lasse Schone.

Hasil ini sendiri terbilang sangat mengejutkan. Pasalnya, Juventus dengan Ronaldo-nya merupakan salah satu favorit juara Liga Champions musim ini.

Sementara di sisi lain, Ajax praktis hanya berstatus tim kuda hitam. Bahkan wakil Belanda tersebut sejatinya harus melalui babak kualifikasi dulu sebelum lolos ke fase grup Liga Champions 2018/2019.

Ronaldo sendiri praktis langsung jadi spotlight menyusul tersingkirnya Juventus di fase delapan besar ini. Pasalnya, ini untuk pertama kalinya Ronaldo gagal melampaui perempatfinal Liga Champions bersama klub yang dibelanya, sejak musim 2009/2010 silam!

Diboyong Juventus dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2018 lalu dengan banderol 100 juta euro, Ronaldo dipastikan gagal memenuhi ekspektasi tim barunya, yang memang telah lama merindukan gelar juara Liga Champions.

Well, kehadiran Ronaldo --yang sudah punya lima trofi di kompetisi ini-- ternyata tak banyak membantu. Padahal, harapan para Juventini --sebutan fans Juventus-- sempat membuncah setelah kapten Timnas Portugal itu tampil luar biasa untuk di babak 16 besar lalu.

Ronaldo mencetak hat-trick pada leg kedua yang membuat Juventus sukses melakoni comeback dan mengeliminasi Atletico Madrid dengan agregat total 3-2 pada perdelapan final lalu.

Usai timnya masuk kotak di Liga Champions musim ini, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri sendiri enggan menyalahkan Ronaldo. Menurut sang allenatore, kekalahan dari Ajax harus jadi tanggung jawab bersama para pemain Juventus.

Menurut Allegri, Juventus tidak boleh terlalu Ronaldo-sentris. "Ronaldo bakal menuntaskan semua masalah? Tentu saja tidak!" ketusnya seperti dimuat ESPN.

"Ronaldo sudah memberikan banyak hal untuk kami selama musim ini, tapi Anda butuh semua pemain ketika ada di perempatfinal. Semua pemain harus berkontribusi, kita tak boleh terlalu bergantung pada Ronaldo. Kekalahan (lawan Ajax) ini adalah tanggung jawab bersama," sambungnya.

"Saya selalu katakan bahwa untuk jadi juara Liga Champions, Anda butuh mencapai level penampilan terbaik serta kebugaran. Kami sempat berada dalam situasi mendominasi malam ini, dan itu harusnya bisa dipertahankan dalam waktu lama," sesal Allegri.

"Kami kehilangan empat atau lima pemain malam ini. Daniele Rugani dan Leonardo Bonucci tampil bagus sekira 50 menit, tapi kami kehilangan organisasi permainan serta kesolidan tim, yang justru menguntungkan Ajax," tuntas mantan pelatih AC Milan tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini