Preview Liverpool vs Huddersfield Town: Dilema Pesta Gol atau Rotasi

Liverpool akan menerima lawatan Huddersfield di Anfield pada lanjutan Liga Inggris 2018/2019, Sabtu (27/4/2019) dini hari WIB.

Suara.Com
Rully Fauzi
Preview Liverpool vs Huddersfield Town: Dilema Pesta Gol atau Rotasi
Penyerang Liverpool, Roberto Firmino. [Paul ELLIS / AFP]

Suara.com - Liverpool akan terus melanjutkan perjuangan mereka untuk menyudahi puasa gelar selama 29 tahun dan menjuarai Liga Inggris musim ini.

Memasuki matchweek alias pekan ke-36 Liga Inggris 2018/2019, Liverpool bakal menjamu tim peringkat buncit yang sudah pasti terdegradasi, Huddersfield Town di Anfield, Sabtu (27/4/2019) dini haru WIB nanti.

Seperti diketahui, Liverpool saat ini masih bersaing sangat ketat dengan Manchester City untuk menggondol titel juara. Dengan tiga matchweek tersisa, Liverpool masih menempati peringkat kedua klasemen dengan raihan 88 poin dari 35 pertandingan.

Liverpool terpaut satu poin saja dengan Manchester City, yang kembali ke puncak klasemen usai mengalahkan tuan rumah Manchester United 2-0 pada tengah pekan ini.

Well, menghadapi Huddersfield, Liverpool dihadapkan pada sebuah dilema. Ya, meski kemenangan tentu tetap jadi harga mati buat The Reds --julukan Liverpool.

Manajer Liverpool, Jurgen Klopp jelas dihadapkan pada 'godaan' untuk melakukan rotasi pemain, bahkan rotasi secara esktrem.

Pasalnya, Liverpool akan melakoni laga akbar kontra Barcelona pada tengah pekan depan. Terlebih, Roberto Firmino dan kolega akan bertandang ke Camp Nou pada leg pertama semifinal Liga Champions 2018/2019 tersebut.

Namun demikian, apakah Klopp memang punya nyali untuk melakukan rotasi ekstrem melawan Huddersfield? Pasalnya, tak hanya kemenangan, namun kemenangan dengan skor besar jelas dibutuhkan Liverpool untuk bisa bersaing dengan Man City.

Sebagai informasi, meski gap di klasemen hanya satu poin, namun selisih gol Liverpool jelas jauh di bawah perolehan Man City. Saat ini Man City memiliki selisih gol +67, sementara Liverpool delapan gol lebih sedikit, yakni +59.

Well, tentu bukan tidak mungkin jika kampiun Liga Inggris musim ini nantinya akan ditentukan lewat selisih gol.

So, ingin menang dengan skor besar alias skor telak atas Huddersfield? Tentu juga sangat logis jika Klopp tak mau berjudi dengan menurunkan pemain-pemain cadangannya pada laga dini hari nanti.

Walau demikian, bukan tak mungkin memang jika Liverpool akan tetap menang menyakinkan dengan second string-nya melawan Huddersfield.

Ya, Hudderfield memang tampil buruk sepanjang musim ini. Tim asuhan Jon Siewert itu sudah dipastikan terdegradasi ke Divisi Championship musim depan sejak beberapa waktu lalu.

Huddersfield baru mengoleksi 14 poin dari 35 pertandingan di Liga Inggris musim ini. Jonas Lossl dan kolega juga telah kebobolan 69 gol sepanjang musim (rekor kebobolan terburuk kedua di liga setelah Fulham), serta baru mengemas 20 gol (rekor memasukkan terburuk).  

Team News

Sangat kecil kemungkinan Jurgen Klopp memainkan Fabinho pada laga dini hari nanti, setelah sang gelandang mengalami cedera kepala ketika Liverpool mengalahkan tuan rumah Cardiff City 2-0, pada laga pekan ke-35 akhir pekan lalu.

Sementara itu, Joe Gomez kemungkinan besar akan menjadi starter untuk Liverpool, yang bakal jadi pertama kalinya sejak December 2018. Ini setelah bek serbabisa berusia 21 tahun itu pulih total dari cederanya.

Centre-back Dejan Lovren juga sangat mungkin akan dimainkan sejak menit awal pada laga dini hari nanti, setelah pemain asal Kroasia itu sembuh dari sakit yang membuatnya absen di dua laga terakhir Liverpool.

Dengan masuknya Lovren ke starting XI, Klopp tentu bisa mengistirahatkan Virgil van Dijk untuk laga kontra Barcelona. Van Dijk jelas merupakan centre-back terbaik yang dimiliki Liverpool saat ini, sebagaimana pemain internasional Belanda itu memang tampil fenomenal sepanjang musim ini.

Seperti dilansir Sportsmole, Klopp akan mengistirahatkan dua attacker andalannya melawan Huddersfield, yakni Mohamed Salah dan Sadio Mane, walaupun nama terakhir telah mencetak sembilan gol dari delapan laga kandang terakhir Liverpool di Liga Inggris.

Meski demikian, Roberto Firmino dipercaya akan tetap diturunkan sebagai starter untuk memimpin lini serang Liverpool.

Trisula maut Liverpool, Roberto Firmino (kiri), Mohamed Salah dan Sadio Mane. [Oli SCARFF / AFP]
Trisula maut Liverpool, Roberto Firmino (kiri), Mohamed Salah dan Sadio Mane. [Oli SCARFF / AFP]

Well, para pemain lapis kedua macam James Milner, Xherdan Shaqiri dan Divock Origi tentu berharap bisa unjuk gigi jika Klopp memang melakukan kebijakan rotasi melawan Huddersfield. Daniel Sturridge dan Alberto Moreno rasanya juga punya kans besar untuk tampil.

Di sisi lain, Huddersfield kemungkinan tak bisa diperkuat Jonathan Hogg, setelah sang gelandang terpaksa digantikan saat half-time pada laga kontra Watford akhir pekan lalu. Hogg mengalami benturan pada laga pekan ke-35 tersebut.

Sementara itu, Adama Diakhaby dan Laurent Depoitre diyakini punya kans kecil untuk pulih tepat waktu dari cedera mereka masing-masing, untuk laga kontra Liverpool ini.

Head-to-Head

Liverpool tak terkalahkan dalam 13 pertemuan terakhir mereka melawan Huddersfield, dengan merengkuh 10 kemenangan. Bahkan, The Terriers --julukan Huddersfield-- tercatat sudah gagal menjebol gawang Liverpool sejak April 1962 silam.

Pada pertemuan kedua tim di Liga Inggris musim ini sendiri, Liverpool juga sukses meraih kemenangan meski hanya dengan skor tipis 1-0. Liverpool menang di markas Huddersfield, John Smith's Stadium pada Oktober tahun lalu berkat gol tunggal Mohamed Salah.

Prakiraan Susunan Pemain

Liverpool XI: Alisson; Gomez, Matip, Lovren, Robertson; Milner, Wijnaldum, Keita; Origi, Firmino, Shaqiri.

Pelatih: Jurgen Klopp (Jerman)

Huddersfield Town XI: Lossl; Smith, Schindler, Kongolo, Durm; Kachunga, Bacuna, Pritchard, Lowe; Mooy; Grant.

Pelatih: Jan Siewert (Jerman)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini