Pilih Azerbaijan sebagai Lokasi Final Liga Europa, UEFA Minta Maaf

UEFA akhirnya meminta maaf kerena telah memilih tempat yang terlalu jauh.

Suara.Com
Rauhanda Riyantama
Pilih Azerbaijan sebagai Lokasi Final Liga Europa, UEFA Minta Maaf
Trofi Liga Europa. (VALERY HACHE / AFP)

Suara.com - Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) terus mendapat kritikan usai memilih Baku Olympic Stadium di Azerbaijan sebagai lokasi final Liga Europa antara Arsenal vs Chelsea. Lantaran kritikan itu, pihak UEFA akhirnya meminta maaf kerena telah memilih tempat yang terlalu jauh.

Bayangkan saja, fans Arsenal dan Chelsea harus menempuh jarak sekitar 2.500 mil untuk bisa menyaksikan langsung partai final tersebut. Tak hanya itu, kendala tiket penerbangan yang sangat mahal juga menjadi permasalahan utama.

Para penonton juga makin dibuat bingung karena tak banyak rute penerbangan langsung dari London ke Baku. Tercatat hanya ada beberapa maskapai, itu pun dengan kuota yang sangat terbatas.

Akibat persoalan tersebut, Arsenal sampai-sampai melontarkan kritikan terbuka kepada UEFA. The Gunners tak habis pikir dengan keputusan UEFA yang tak mempertimbangkan faktor kesulitas fans untuk bisa sampai ke lokasi perhelatan final Liga Europa 2018/2019.

Kritikan Arsenal pun langsung direspons oleh UEFA. Melalui Direktur Kompetisi UEFA, Giorgio Marchetti, pihaknya mengaku tak memprediksi risiko yang bakal terjadi jika dihelat di Baku, Azerbaijan.

''Final sesama tim Inggris yang mempertemukan dua klub asal London tak terprediksi saat pemilihan (venue final) terjadi. Tak diragukan ini memang menambah kesulitan,'' terang Giorgio Marchetti kepada media lokal London, Evening Standard.

''Kami benar-benar menyesal atas masalah yang dialami fans Anda (Arsenal) dan Chelsea yang berusaha mengatur perjalanan mereka ke Baku,'' lanjutnya.

''Para ahli kami akan ikut bekerja memecahkan masalah ini dengan membantu mencarikan solusi lebih murah bagi para fans. Kami siap bekerja sama dengan klub Anda untuk menghadapi ini,'' tegas Giorgio Marchetti.

Pertandingan final Liga Europa itu sendiri bakal dihelat pada 29 Mei 2019. Fans Arsenal dan Chelsea dikabarkan mendapatkan masing-masing 6.000 tiket.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini