'Messi-nya' Indonesia Dicoret, Begini Tanggapan Pelatih Timnas U-16

Tristan Alif Naufal memiliki kelemahan mendasar yang harus segera dibenahi.

Suara.Com
Rauhanda Riyantama
'Messi-nya' Indonesia Dicoret, Begini Tanggapan Pelatih Timnas U-16
Tristan Alif Naufal sempat mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-16 sebelum akhirnya dicoret. (Twitter/@AlifTristan28)

Suara.com - Juru taktik Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, memutuskan mencoret Tristan Alif Naufal dari 41 pemain yang mengikuti seleksi. Pemain yang sempat dijuluki Messi-nya Indonesia itu dipulangkan bersama 13 nama lainnya.

Bima Sakti mencoret Tristan Alif tentu memiliki pertimbangan tersendiri. Meskipun sang pemain digadang-gadang bakal menjadi pemain masa depan Indonesia lantaran memiliki skill di atas rata-rata.

Tentu, di balik pencoretan tersebut menimbulkan banyak pertanyaan. Terlebih Tristan Alif pernah mengenyam pendidikan sepak bola di Eropa, seperti Belanda dan Spanyol.

Bima Sakti pun mengakui jika Tristan Alif merupakan sosok pemain yang bagus serta memiliki skill mumpuni. Akan tetapi, pemain asal ASIOP itu memiliki kelemahan yang harus segera dibenahi.

''Dari 41 pemain yang mengikuti proses seleksi dan pemusatan latihan, saya memulangkan 13 pemain. Saya memantau perkembangan mereka setiap hari, terlebih saat mereka melakukan latih tanding di internal game hari Jumat kemarin. Dan saya memilih sesuai dengan kebutuhan tim,'' kata Bima Sakit, seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

''Dia punya teknik dan skill yang bagus, tapi beberapa kali di momen tertentu dia lambat dalam mengambil keputusan kapan passing kapan dribbling, jadi dia sering hilang bola,'' lanjutnya.

''Dia punya prospek bagus, semoga dia bisa lebih baik dari sebelumnya dan kami akan selalu pantau dia. Apalagi saya dengar dia akan trial di luar negeri akan lebih bagus untuk pengalaman dia,'' tuturnya menambahkan.

Sosok Tristan Alif memang pernah membuat takjub para pecinta sepak bola Tanah Air lewat aksi lincahnya. Saat itu, pemain yang sempat berlatih bersama Ajax Amsterdam, Feyenord, serta CD Leganes Academy mampu menunjukkan skill yang indah dengan gocekan khas ala Lionel Messi.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-16 saat ini tengah melakukan serangkaian seleksi dalam persiapan menuju Piala AFF U-15 2019 yang digelar di Thailand. Indonesia berada di Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini