Jelang SEA Games, Indra Sjafri Pertanyakan Status 4 Pemain di Luar Negeri

Pelatih timnas Indonesia U-23 tengah mencari pemain-pemain untuk memperkuat timnya.

Suara.Com
Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Jelang SEA Games, Indra Sjafri Pertanyakan Status 4 Pemain di Luar Negeri
Pelatih timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri. (Suara.com/Adie Prasetyo)

Suara.com - Timnas Indonesia U-23 telah memulai persiapannya jelang bergulirnya SEA Games 2019 yang berlangsung pada November mendatang di Filipina. Pelatih timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri kini tengah mencari pemain-pemain untuk memperkuat timnya.

Namun, Indra masih memikirkan nasib pemainnya yang berlaga di luar negeri. Mereka adalah Firza Andika, Egy Maulana Vikri, Ezra Walian, dan Saddil Ramdani.

Keempat pemain tersebut masih belum tentu bisa memperkuat Garuda Muda --julukan timnas Indonesia U-23-- lantaran SEA Games 2019 tidak masuk ke dalam kalender FIFA.

Ezra Walian dan Egy Maulana Vikri usai mengikuti latihan latihan timnas Indonesia U-23 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Kamis (13/3/2019).(Suara.com/Adie Prasetyo)
Ezra Walian dan Egy Maulana Vikri usai mengikuti latihan latihan timnas Indonesia U-23 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Kamis (13/3/2019).(Suara.com/Adie Prasetyo)

"Karena ini SEA Games multi event kan ya, bukan agenda yang masuk ke FIFA dan AFC, tetapi ada empat pemain kita yang bermain di luar, itu kan nanti bisa menjadi hal yang harus kita selesaikan dari sekarang apakah nanti benar-benar mereka itu bisa bermain di SEA Games atau tidak," kata Indra Sjafri saat ditemui di kawasan Duren Tiga, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Indra Sjafri mengatakan, pendaftaran terakhir pemain untuk SEA Games 2019 yakni pada 2 September mendatang. Eks pelatih Bali United ini tidak ingin pemain-pemain yang bermain di luar negeri datang mendadak.

Pasalnya, hal tersebut bisa berdampak dengan kesiapan tim. Hal ini dikarenakan Indra Sjafri akan menyiapkan 40 pemain untuk dipilih menjadi 20 yang dibawa ke SEA Games 2019.

"Jangan nanti kita satu Minggu sampai dua Minggu baru ada kejelasan karena itu pemain dari 40 itu hanya 20 pemain yang bisa dibawa. Bayangkan, dengan model turnamen yang satu minggu main tiga kali, ini kan sulit bagi para pelatih, dan itu, kan dialami oleh pelatih-pelatih SEA Games sebelumnya," ia menambahkan.

"Ini yang harus saya antisipasi dari sekarang dan saya wanti-wanti ke PSSI, semoga pemain yang benar-benar sudah saya anggap sebagai pemain rangka tim nanti harus diselesaikan dari sekarang," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Egy, Ezra, dan Firza berkompetisi di Eropa. Sementara Saddil memperkuat Pahang FA di Malaysia, yang membuatnya berpeluang membela tim nasional lantaran Negeri Jiran juga ikut SEA Games 2019.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini