Manahati Tak Masuk Timnas, RD: Saya Setuju dengan McMenemy

Manahati tak dipanggil memperkuat timnas Indonesia di dua laga uji coba internasional.

Suara.Com
Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Manahati Tak Masuk Timnas, RD: Saya Setuju dengan McMenemy
Gelandang Timnas Indonesia, Manahati Lestusen, merayakan golnya ke gawang Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF, Rabu (7/12) di Hanoi [Antara/Widodo S Jusuf].

Suara.com - Pelatih Tira-Persikabo Rahmad Darmawan mengaku merasa bertanggung jawab setelah pemainnya Manahati Lestusen tidak dipanggil memperkuat timnas Indonesia.

Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy tidak menyertakan nama Manahati untuk dua laga uji coba internasional melawan Yordania dan Republik Vanuatu, karena masalah indisipliner.

Ya, Manahati memang melakukan sikap kurang terpuji di ajang Piala Presiden 2019. Sang pemain menanduk pemain Persebaya Surabaya, Muhammad Hidayat, Maret 2019 lalu.

Karena itulah McMenemy tidak menyertakan Manahati. RD sapaan akrab Rahmad Darmawan selaku pelatihnya di Tira-Persikabo sepakat dengan tindakan yang dilakukan oleh McMenemy itu.

McMenemy memang dikenal sebagai pelatih yang tidak menyukai pemain yang emosional. Juru taktik asal Skotlandia itu lebih senang dengan pemain yang memiliki perilaku baik di dalam maupun di luar lapangan.

"Saya sangat setuju dengan Simon McMenemy dan itu menjadi pelajaran untuk pelatih juga karena apa yang dilakukan pemain di lapangan tidak luput dari pelatih. Saya waktu itu marah dengan pemain bahkan waktu saya mengeluarkan pernyataan kepada pemain dan manajemen saya sudah katakan, bahwa target Tira-Persikabo, kalau tahun ini tidak jadi juara, kami bisa mendapatkan tim fair play," kata RD di kawasan Duren Tiga, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy (ketiga kanan) memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (14/6). ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy (ketiga kanan) memimpin sesi latihan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (14/6). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

"Artinya semua pemain harus tahu tujuan kami itu. Maka mereka (pemain) harus bisa mengaplikasikannya di lapangan," tambah mantan pelatih Persija Jakarta itu.

RD menambahkan sikap anak asuhannya sudah mulai membaik. Hal itu terlihat dari tiga awal yang sudah dijalani di Liga 1 2019.

"Semua lihat, kan kemarin kami tidak ada hal-hal yang dilakukan tidak baik lagi oleh pemain. Sudah tiga pertandingan sama sekali tidak ada hal negatif yang dilakukan," ujarnya.

"Itu yang akan terus kami perbaiki dalam setiap pertandingan. Bagaimanapun di depan nama Persikabo itu ada nama Tira, itu yang harus kita jaga juga," ungkapnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini