Alasan Luis Enrique Mundur dari Posisi Pelatih Timnas Spanyol

Luis Enrique tidak lagi menjabat sebagai pelatih Timnas Spanyol.

Suara.Com
Rauhanda Riyantama | Irwan Febri Rialdi
Alasan Luis Enrique Mundur dari Posisi Pelatih Timnas Spanyol
Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique. [LLUIS GENE / AFP]

Suara.com - Luis Enrique resmi mundur dari jabatan pelatih Timnas Spanyol pada Rabu (19/6/2019). Tidak ada alasan yang dijelaskan secara gamblang, dirinya hanya mengaku sedang memiliki masalah pribadi.

Alasan pribadi tersebut juga membuat Enrique absen dalam tiga pertandingan terakhir Spanyol di Kualifikasi Euro 2020, ketika menghadapi Malta, Kepulauan Faroe, dan Swedia. Lantaran tak kunjung rampung, ia akhirnya memutuskan untuk mundur.

"Ada alasan yang menghalangi saya untuk berfungsi secara normal sebagai pelatih sejak Maret lalu hingga hari ini, saya telah memutuskan untuk meninggalkan posisi (pelatih kepala Spanyol)," isi surat Luis Enrique, dikutip dari Marca.

"Saya sangat berterima kasih kepada mereka yang bertanggung jawab di RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol), atas kepercayaan dan pengertian yang ditunjukkan," lanjutnya.

"Terima kasih terutama kepada semua orang yang merupakan bagian dari staf dan kepada para pemain atas profesionalisme mereka. Tidak lupa juga media atas kebijaksanaan Anda dan menghormati situasi. Terima kasih dari lubuk hati saya," tutup mantan arsitek Barcelona itu.

Enrique pertama kali mendampingi Timnas Spanyol pada September 2018, ketika mengalahkan Inggris pada ajang UEFA Nations League. Selama menangani Sergio Ramos dan kolega, ia sukses mempersembahkan delapan kemenangan dan dua kekalahan dari 10 pertandingan.

Sebagai gantinya, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah menunjuk asisten Luis Enrique, Roberto Moreno untuk menangani La Furia Roja. Keputusan ini pun terbilang berani mengingat Moreno belum memiliki pengalaman sebagai pelatih kepala.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini