Efek Rumah Kaca dan Najwa Shihab Ciptakan Lagu Soundtrack

Kolaborasi Efek Rumah Kaca dan Najwa Shihab bikin merinding.

Suara.Com
Wahyu Nugroho
Efek Rumah Kaca dan Najwa Shihab Ciptakan Lagu Soundtrack
Efek Rumah Kaca dan Najwa Shihab (dok. Efek Rumah Kaca)

Suara.com - Jika ada grup band yang berkolaborasi dengan jurnalis televisi, kolaborasi antara Efek Rumah Kaca (ERK) dengan jurnalis Najwa Shihab bisa yang pertama kali terjadi dalam sejarah musik Indonesia. 

Kolaborasi dua ranah ini diwujudkan ERK dan Najwa Shihab dalam lagu “Seperti Rahim Ibu”. Lagu yang liriknya ditulis sendiri oleh Najwa Shihab ini dibuat khusus untuk program Mata Najwa dan berdiri sendiri sebagai single resmi Efek Rumah Kaca.

Bagi ERK ini adalah adalah kali kedua band ini merilis single baru setelah sebelumnya merilis “Merdeka” pada Agustus 2016.

“Sejak awal punya cita-cita ingin memiliki original song yang cocok untuk menguatkan pesan. Setelah Mata Najwa muncul kembali setelah jeda, langsung ingin menggunakan lagu ERK,” tukas Najwa Shihab dari siaran pers yag diterima Suara.com. 

Presenter program Mata Najwa ini memang sudah lama menyimak lagu-lagu dan sepak terjang grup band yang saat ini diawaki Cholil (gitar, vokal), Akbar (drum) dan Poppie (bas) ini. 

“Sejak dulu merasa musik ERK dan lirik-lirik yang ditulis mereka, memiliki kepedulian terhadap berbagai isu-isu penting di negeri ini. Dan Mata Najwa betul-betul merasa pesan-pesan yang disampaikan lewat lagu-lagu ERK memiliki resonansi yang sama dengan apa yang selama ini disuarakan Mata Najwa seperti kepedulian pada isu-isu korupsi, toleransi, soal cinta negeri, hak asasi manusia. Jadinya klop banget dan bangga Mata Najwa bisa mendapat lagu dari ERK,” lanjut Najwa tentang debut kolaborasi ini.

Efek Rumah Kaca di Amerika Serikat, Maret 2018 (dok. Efek Rumah Kaca).

Lagu yang “Seperti Rahim Ibu” yang ditulis Najwa ini berbicara mengenai kemanusiaan yang mana selalu menjadi pesan utama pada program Mata Najwa.

“Pesan apa yang ingin disampaikan dalam lagu ini adalah soal harapan dan bagaimana optimisme itu disemai. Berada di Rahim itu dimulai dari sel-sel yang kemudian menyatu. Yang tadinya rapuh menjadi kuat,” ungkap Najwa.

Cover Art Seperti Rahim Ibu by Dian Suci Rahmawati (dok. Efek Rumah Kaca).

Sementara itu, menurut vokalis Cholil Mahmud “Seperti Rahim ibu” menggambarkan rahim yang bisa menghadirkan
gagasan-gagasan baru yang dapat melahirkan kontribusi untuk bangsa ini.

“Sewaktu mendapat liriknya dan kami coba nyanyikan, rasanya cocok. Cuma memang ada sedikit pilihan-pilihan
kata saja yang mesti disesuaikan,” ujar Cholil yang membuat lagu ini di kota New York, domisilinya sekarang ini.

Efek Rumah Kaca di Mata Najwa (dok. Efek Rumah Kaca).

Ketika rampung rekaman, “Seperti Rahim Ibu” lalu pertama kali dibawakan oleh Efek Rumah Kaca pada episode Mata Najwa mengenai Novel Baswedan di bulan Februari 2018.

Penasaran dengan lagu “Seperti Rahim Ibu", kolaborasi Efek Rumah Kaca dan Najwa Shihab? Saksikan video di bawah ini, 

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini