Ini Alasan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Masih Tahan Ahmad Dhani

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menjelaskan alasan masih menahan Ahmad Dhani.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Ismail
Ini Alasan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Masih Tahan Ahmad Dhani
Ahmad Dhani jalani sidang ujaran idiot di PN Surabaya, Kamis (7/2/2019). [Suara.com/Achmad Ali]

Suara.com - Ini Alasan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Masih Tahan Ahmad Dhani

Keluarga besar Ahmad Dhani mengaku keberatan dengan sikap aparat yang tetap menjebloskan Ahmad Dhani ke dalam penjara Cipinang, Jakarta Timur.

Walau sudah berhari-hari tinggal di dalam penjara, Ahmad Dhani mengaku bukan ditahan karena putusan sidang majelis hakim Pengadilan Jakarta Selatan yang menyatakan bersalah dan dihukum selama 1,5 tahun.

Penahan Ahmad Dhani saat ini dilakukan selama 30 hari karena putusan Dhani belum inkrah karena tim kuasa hukumnya mengajukan banding.

Hal tersebut dibenarkan oleh James Butar-Butar, Wakil Humas Pengadilan Tinggi DKI Jakarta saat ditemui awak media. Sampai saat ini, Ahmad Dhani dititipkan oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta

"Jadi gini perkara banding apabila memenuhi pasal 21 kuhap ada secara objektif atau subjektif disana maka majelis hakim tinggi yang di tuju itu berwenang untuk melakukan penahanan selama 30 hari," kata James Butar Butar saat ditemui di kantornya, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Senin (11/2/2019).

Karena Ahmad Dhani belum mempunyai kekuatan hukum tetap, maka dia masih dititipkan di Pengadilan Tinggi DKI Jakata dan belum menjalani putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang dinyatakan bersalah dan wajib menjalani hukuman selama 1,5 tahun.

Terpidana kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (28/1). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Terpidana kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (28/1). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

"Hanya, beda dengan proses menjalani pidana, menjalani pidana itu perkara-perkara yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap," sambungnya.

Sedang masalah lain yang sempat dipertanyakan pihak keluarga Ahmad Dhani adalah pemindahan dirinya dari LP Cipinang ke Rutan Klas 1 Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur.

Hal itu dilakukan karena adanya permintaan dari pihak Kejaksaan Negeri Jawa Timur yang meminta pentolan grop Dewa 19 itu untuk menjalani sidang kasus ucapan 'idiot'.

"Itu ada permohonan dari Kejari Surabaya, karena ada hal-hal tertentu undang-undang bisa dipenuhi sehingga pengadilan tinggi memenuhi permohonan tersebut untuk dititipkan di rumah tahanan sana," jelas James.

Kewenangan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta hinga 30 hari lamanya, namun hal tersebut bisa diperpanjang hingga 60 hari ke depan setelah putusan banding diputus oleh majelis hakim.

"Jadi kita lihat aja nanti," ucap James.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini