Hari Kartini, Irma Darmawangsa Selalu Ingat Masa Kecil

Kartini membuat seorang Irma Darmawangsa menjadi perempuan tangguh.

Suara.Com
Ferry Noviandi | Ismail
Hari Kartini, Irma Darmawangsa Selalu Ingat Masa Kecil
Irma Darmawangsa [Suara.com/Sumarni]

Suara.com - Irma Darmawangsa selalu ingat masa kecilnya setiap memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April. Saat itu, penyanyi dangdut 35 tahun ini mengaku kerap menggunakan baju adat asal daerahnya, Makasar.

"Dulu pas kecil yang paling diingat setiap hari Kartini diwajibkan sekolah pakai baju adat daerah. Saya orang Makassar ya, saya pakai baju Bodo (baju daerah Makassar)," kata Irma Darmawangsa saat dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (21/4/2019).

Irma Darmawangsa [Suara.com/Ismail]
Irma Darmawangsa [Suara.com/Ismail]

Saat menggunakan baju Bodo, artis yang sempat menjalin kasih dengan Ricky Cuaca itu mengaku sangat kerepotan saat menggunakan baju khas Bugis itu.

"Agak ribet, tapi seru gitu aksesorisnya, bajunya sarungnya khas Makassar banget. Seru dulu, inget terus," sambung Irma Darmawangsa.

Irma Darmawangsa mengakui karena Kartini perempuan Indonesia bisa sejajar dengan lelaki. Namun masih sesuai kodratnya sebagai perempuan.

"Kartini ini yang bikin kita bisa memiliki karier. Intinya nggak ada yang membuat wanita bergerak terbatas banget. Tapi juga nggak menyimpang dari kodratnya sebagai perempuan," tutur kekasih Irfan Sbaztian ini.

Sampai saat ini kalimat paling diingat Irma Darmawangsa yang dipopulerkan Kartini yakni "Habis Gelap Terbitlah Terang", yang juga menjadi buku karya Kartini. Kalimat itu diakui Irma membuat dirinya kuat dalam menjalani kodratnya sebagai perempuan.

"Jadi perempuan yang tangguh, jadi perempuan yang mempertahankan harkat derajat dan martabat. Tapi jangan sombong, merasa semena-mena kepada laki-laki," ujar Irma Darmawangsa.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini