Kenapa Hanya Ada Bunga Sedap Malam di Makam Ustaz Arifin Ilham ?

Anak sulung Ustaz Arifin Ilham menjawab soal bunga yang ada di makam Ustaz Arifin Ilham.

Suara.Com
Fajarina Nurin | Yuliani
Kenapa Hanya Ada Bunga Sedap Malam di Makam Ustaz Arifin Ilham ?
Ribuan jemaah melaksanakan salat jenazah almarhum Ustaz KH Muhammad Arifin Ilham di Masjid Az-Zikra, Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Suara.com - Tak terasa sudah hampir seminggu Ustaz Arifin Ilham wafat setelah berjuang melawan kanker yang menggerogotinya. Kenangan akan sosok ulama besar itu pun masih terus diingat oleh keluarga dan anak-anaknya.

Dimakamkan di pondok pesantren Az Zikra Gunung Sindur, makam beliau tak pernah sepi pelayat yang mendoakan. Tak penuh dengan bunga, hanya ada beberapa tangkai sedap malam ada di papan nama kayu yang dijadikan nisan beliau.

Makam Ustaz Arifin Ilham di Ponpes Az-Zikra, Gunung
Makam Ustaz Arifin Ilham di Ponpes Az-Zikra, Gunung

"Kalau bunga saya kurang tahu ya kenapa cuma sedap malam, tapi beliau memang pernah pesan untuk sederhana saja," kata Alvin Faiz saat ditemui di Masjid Az Zikra Gunung Sindur, Bogor, Senin (27/5/2019).

Menurut putra pertamanya, Muhammad Alvin Faiz, makam yang sederhana itu adalah salah satu pesannya jika meninggal. Ia juga ingin selalu didoakan santri-santrinya di Az Zikra. Itulah alasan kenapa makamnya berada di halaman masjid.

"Abi (Arifin Ilham) mau makamnya ini hanya tanah dan papan nama itu, nggak mau ditambahin yang lain. Bukan menyalahkan yang ada ya, tapi Abi nggak mau, pesan Abi berkali-kali ya sampai ingat. Makanya saya selalu ingat kalo Abi ini hanya mau tanah dan papan, dan dibuat sederhana aja," tutup Alvin Faiz.

Diketahui, beberapa minggu sebelum meninggal, Ustaz Arifin Ilham juga seolah sudah siap menerima panggilan pulang yang telah ditetapkan Sang Khalik untuk dirinya.

Putra sulung almarhum Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Alvin Faiz. [Yuliani/Suara.com]
Putra sulung almarhum Ustaz Arifin Ilham, Muhammad Alvin Faiz. [Yuliani/Suara.com]

Dalam unggahannya di akun Instagram kh_m_arifin_ilham pada 29 April 2019 misalnya, Ustaz Arifin Ilham mengungkap bahwa ia sendiri telah menyiapkan sejumlah hal mengenai peristirahatan terakhirnya. Ini termasuk kain kafan dan tanah makam.

"InsyaAllah kalau lebih dahulu MENGHADAP Allah, pertama sholat di mesjid Az Zikra Sentul dan kemudian sholat kedua di mesjid Gunung Sindur. Kuburan disamping mesjid Gunung Sindur yg telah arifin siapkan dg kain kapannya," tulisnya kala itu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini