Bumi Manusia: Tak Sekadar Kisah Cinta Minke dan Annelies Mellema

Hanung Bramantyo begitu memperhatikan detail dalam setiap adegan di film Bumi Manusia.

Suara.Com
Ferry Noviandi | Revi Cofans Rantung
Bumi Manusia: Tak Sekadar Kisah Cinta Minke dan Annelies Mellema
Poster film Bumi Manusia [dok Falcon Pictures]

Suara.com - Salah satu film paling ditunggu-tunggu di 2019 ini, Bumi Manusia, akhirnya resmi dirilis hari ini, Kamis (15/8/2019). Mampukah Hanung Bramantyo sebagai sutradara memberikan kepuasan dari ekspektasi yang begitu tinggi terhadap karya sastra terkenal Pramoedya Ananta Toer?

Hanung Bramantyo sangat serius menggarap film Bumi Manusia dan begitu memperhatikan setiap detail yang ingin ditampilkan dalam film yang diproduksi Falcon Pictures ini.

Kesan pertama saat menyaksikan Bumi Manusia, kita akan disuguhkan dengan gambar hitam putih yang menceritakan kehidupan Indonesia di masa penjajahan Belanda. Suara dari Iqbaal Ramadhan sebagai Minke membuka cerita Bumi Manusia.

Berkumis tipis serta rambut klimis menjadi tampilan Iqbaal Ramadhan saat menjadi Minke. Di  situ, Minke dikisahkan sebagai seorang siswa sekolah H.B.S dengan identitasnya sebagai anak pribumi yang punya kemampuan di atas rata-rata. Pintar, berwawasan luas, cermat dan suka menulis.

Suatu ketika Minke diajak oleh sahabatnya, Robert Suurhof (diperankan Jerome Kurnia) untuk menyambangi keluarga Mellema. Dari sinilah pertemuan Minke dan Annelies Mellema (Mawar Eva De Jongh) terjadi. Hanya dalam waktu singkat, Annelies sudah tertarik dengan sosok Minke, pun begitu sebaliknya.

Film Bumi Manusia (Falcon Pictures)
Film Bumi Manusia (Falcon Pictures)

Namun sayang, permulaan kisah cinta Minke dan Annelies mulai mendapat ujian, ketika kakak Annelies, Robert Mellema (Giorgino Abraham) tak suka dengan kehadiran Minke. Kata-kata kasar yang saat itu merendahkan pribumi didapatkan oleh Minke.

Akting Iqbaal Ramadhan meluapkan kekesalannya diuji pada scene ini. Marah dan hanya bisa diam lantaran stigma negatif keburu diterima pribumi dan Minke serta sudah menjadi hal yang biasa.

Setelah kagum dengan sosok Annelies, Minke kembali dibuat kagum dengan sosok Nyai Ontosoroh, yang diperankan oleh Sha Ine Febriyanti. Nyai Ontosoroh merupakan ibu dari Annelies yang kebetulan menikah dengan orang Belanda, Peter Sterk. Walau disebut Nyai, yang saat itu punya arti negatif, Nyai Ontosoroh lantas menjawabnya dengan kehebatannya dalam berbahasa Belanda hingga mengelola bisnis.

Nyai Ontosoroh (Ine Febriyanti) bersama Annelies Mellema (Mawar Eva De Jongh) di film Bumi Manusia. (Falcon Pictures)
Nyai Ontosoroh (Ine Febriyanti) bersama Annelies Mellema (Mawar Eva De Jongh) di film Bumi Manusia. (Falcon Pictures)

Di sini lah Minke semakin kagum dengan Nyai Ontosoroh. Bahkan Nyai Ontosoroh yang begitu terbuka dengan keberadaan Minke, sehingga membuatnya membiarkan Annelies untuk dekat Minke.

Orangtua mana yang ingin anak perempuannya dicium oleh seorang pria? Tapi hal itu justru berbeda pada Nyai Ontosoroh, yang membiarkan anaknya dicium oleh Minke. Minke sempat takut ketika Annelies mengadukan pada Nyai Ontosoroh, tapi ketakutan itu hilang saat Nyai meminta Minke untuk kemballi mencium Annelies di depan matanya.

Sebagai diketahui, bukan tanpa alasan Nyai Ontosoroh membiarkan hal itu terjadi. Tujuan Nyai Ontosoroh untuk menyenangkan sang anak. Apalagi bila melihat keinginan keras Annelies untuk menjadi seorang pribumi, bukan berdarah campuran Belanda.

Sutradara Hanung bramantyo dan pemain film Mawar De Jongh, Jerome Kurnia berpose saat berkunjung ke kantor Redaksi Suara.com, Jakarta, Kamis (18/7). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Sutradara Hanung bramantyo dan pemain film Mawar De Jongh, Jerome Kurnia berpose saat berkunjung ke kantor Redaksi Suara.com, Jakarta, Kamis (18/7). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Di sini, akting Ine Febriyanti patut diacungi jempol. Dari mimik wajah, cara berbicara yang santun dan berpendidikan, artis 43 tahun itu sukses membuat penonton menjadi tenang bak seorang ibu.

Lika-liku cinta dari Minke dan Annelies memang mendapat ujian yang lumayan sadis. Namun Minke berhasil membuat Annelies kepincut dengannya. Caranya seperti apa? Ya, dengan gombal-gombalan Minke membuat Annelies menaruh hati lebih. Ketika bersama Minke, Annelies merasa bahagia dan berusaha untuk tetap bersama Minke.

Sayangnya dari gombalan yang dilayangkan Minke untuk Annelies, terlihat gombalan tersebut ala ke-Dilan-dilanan. Sebab sosok Iqbaal yang memerankan Dilan masih sangat melekat. Tapi jangan khawatir, Iqbaal masih mampu menepis itu semua dengan cara berbicara ala medok Jawa. 

Kematian ayah Annelies secara misterius membuat cinta Annelies dan Minke diuji. Keluarga Mellema pun yakni Annelies dan Nyai Ontosoroh diseret ke pengadilan untuk mempertanggungjawabkan kematian ayah Annelies. Kebetulan Minke yang ada di kediaman Mellema juga turut dipanggil, sehingga peristiwa itu menjadi heboh.

Asal-usul Minke dipertanyakan. Sayang ia sudah keburu cinta dengan Annelies. Annelies pun hanya bisa menangis, sementara Minke mencari cara agar tak dipersalahkan dengan kematian itu. 

Mawar Eva De Jongh memerankan Annelies Mellema dalam film Bumi Manusia. (Falcon Pictures)
Mawar Eva De Jongh memerankan Annelies Mellema dalam film Bumi Manusia. (Falcon Pictures)

Lolos dari konflik lain, tak cukup membuat Minke dan Annelies diuji. Sepeninggalan ayah Annelies, lagi-lagi cinta mereka diuji. Konflik semakin memanas ketika babak baru muncul saat Annelies yang masih di bawah umur bakal diasuh oleh keluarga ayahnya di Belanda. Nyai Ontosoroh yang merupakan seorang pribumi tak kuat menahan gempuran Belanda yang membuat peraturan itu.

Dari sini, Minke mulai pusing. Pasalnya cinta mereka yang baru saja ada dalam ikatan janji pernikahan kembali diuji. Belum lagi Annelies yang mulai sakit-sakitan ketika mengetahui hak asuhnya bukan jatuh pada Nyai Ontosoroh.

Di sini Minke akan berusaha keras melawan kebijakan Belanda untuk Annelies. Nyai Ontosoroh  pun demikian, deraian air mata dan emosionalnya Minke akan tersaji dalam scene ini.

Iqbaal Ramadhan memerankan Minke dalam film Bumi Manusia. (Falcon Pictures)
Iqbaal Ramadhan memerankan Minke dalam film Bumi Manusia. (Falcon Pictures)

Dipastikan film Bumi Manusia akan membuat para penonton penasaran dengan kisah cinta Annelies dan Minke. Akting Iqbaal Ramadhan bisa dianggap naik kelas yang berhasil menghidupkan karakter Minke. Begitu juga Mawar de Jongh, menjadi seorang perempuan blesteran cukup membuat penonton terhibur. Apalagi dengan paras cantik ala wanita Belanda dari wajahnya.

Ine Febriyanti sebagai Nyai Ontosoroh juga tak diragukan lagi kualitas aktingnya. Sosoknya yang meneduhkan dan seorang perempuan pemberani juga akan digambarkan dalam film Bumi Manusia.

Di akhir film nanti, jangan lupa menyeka air mata,  saat melihat kelanjutan kisah cinta Minke dan Annelies. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini