Tingkatkan Daya Ingat Dengan Sayuran Ini

Bayam dan kale mampu menjaga fungsi kognitif selama 11 tahun

Suara.Com
Ririn Indriani | Firsta Nodia
Tingkatkan Daya Ingat Dengan Sayuran Ini
Ilustrasi bayam. (Shutterstock)

Suara.com - Seperti kita ketahui sayuran memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah bayam dan kale yang ternyata bermanfaat untuk menjaga fungsi kognitif dan penurunan mental pada manusia selama 11 tahun lamanya.

Peneliti dari Rush University di Chicago menemukan bahwa orang dewasa rentan terhadap penurunan daya ingat. Namun saat mereka menjadikan sayuran berdaun hijau ini sebagai konsumsi hariannya, mereka hanya mengalami penurunan kognitif yang sangat kecil dibanding mereka yang tidak mengonsumsi sayuran.

Temuan ini terlepas dari faktor-faktor lain seperti level pendidikan, latihan otak dan riwayat medis keluarga.

Untuk mendapatkan temuan ini, peneliti menganalisis 950 orang berusia rata-rata 81 tahun dengan memberikan 19 jenis tes yang berbeda untuk menilai fungsi mental mereka. Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi sayuran hijau sekali atau dua kali dalam sehari, dapat menghentikan penurunan mental, termasuk daya ingat selama 11 tahun.

Martha Clare Morris selaku pemimpin studi mengatakan, manfaat yang diberikan sayuran hijau terhadap otak bisa dipastikan berasal dari nutrisi seperti vitamin K yang dikandungnya.

Penurunan mental ini dapat dikaitkan dengan penyakit Alzheimer. Oleh karena itu, konsumsi sayuran berdaun hijau, termasuk bayam tentunya bisa menjadi kunci untuk tetap melindungi fungsi otak dengan baik walaupun berusia lanjut. (Zeenews)

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini