Studi: Sayuran Hijau Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Nutrisi dalam sayuran hijau mampu memperlambat penurunan fungsi kognitif.

Suara.Com
Ririn Indriani | Firsta Nodia
Studi: Sayuran Hijau Bantu Tingkatkan Daya Ingat
Ilustrasi. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah studi terkini menunjukkan manfaat mengonsumsi sayuran hijau yang dipercaya dapat membantu meningkatkan daya ingat. Menurut penelitian yang dilakukan Rush University Medical Centre, dengan menambahkan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi dalam pola makan sehari-hari bisa membantu memperlambat fungsi kognitif.

Kehilangan memori atau menurunnya fungsi kognitif merupakan salah satu kekhawatiran banyak orang ketika memasuki usia lanjut. Pemimpin studi, Martha Clare Morris berujar bahwa temuannya bisa membawa angin segar bagi para lansia untuk menghalau penyakit demensia Alzheimer dengan konsumsi sayuran hijau.

Untuk mendapatkan temuan ini peneliti melakukan analisis terhadap 950 lansia. Peneliti akan melihat bagaimana penurunan fungsi kognitif pada peserta penelitian yang mengonsumsi sayuran hijau lebih banyak selama lima tahun.

Peneliti menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi 1-2 porsi sayuran hijau memiliki kemampuan kognitif 11 tahun lebih muda dibandingkan mereka yang tidak atau jarang mengonsumsinya. Ketika memeriksa nutrisi yang berperan dalam memperlambat penurunan fungsi kognitif ini, peneliti menemukan bahwa kandungan vitamin K, lutein, folat dan beta-karoten dalam sayuran hijau terbukti baik untuk kesehatan otak. (Zeenews)

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini