Tak Hanya Bikin Bugar, Aerobik Juga Pertajam Daya Ingat

Efek positif ini bisa dirasakan bila aerobik dilakukan secara teratur.

Suara.Com
Ririn Indriani | Firsta Nodia
Tak Hanya Bikin Bugar, Aerobik Juga Pertajam Daya Ingat
Ilustrasi aerobik. (Shutterstock)

Suara.com - Olahraga merupakan salah satu kebutuhan yang sama pentingnya dengan makan. Menjalani aerobik secara teratur akan membuat seseorang memiliki kebugaran yang baik. Dengan latihan tersebut, tubuh juga akan terasa lebih sehat dan segar.

Selain bermanfaat secara fisik, ternyata aerobik juga berdampak pada daya ingat atau kekuatan kognitif pada orang dewasa.

Menurut Karin Schon seorang peneliti dari Boston University School of Medicine, orang dewasa yang memiliki kebugaran aerobik yang baik, dapat mempengaruhi wilayah korteks entorhinal, yaitu daerah di dalam otak yang bertanggung jawab pada kemampuan memori atau daya ingat.

"Ini menunjukkan bahwa dengan berolahraga aerobik, apalagi ketika dirancang untuk meningkatkan kebugaran, mungkin memiliki efek positif pada otak orang dewasa yang sehat," tambahnya.

Korteks entorhinal adalah wilayah otak yang dikenal dapat menunjukkan gejala awal penyakit Alzheimer, yang ditandai dengan gangguan memori yang mendalam.

Para peneliti mengatakan fakta ini dapat mendukung studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa latihan aerobik dapat mencegah penurunan kognitif pada lansia yang berisiko demensia, dan sekarang juga berpengaruh untuk orang dewasa bahkan anak muda. (Zeenews)

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini