Naik Gunung Juga Bisa Jadi Meditasi

Naik gunung ternyata tak hanya memanjakan mata tapi juga bermanfaat bagi kesehatan jiwa.

Suara.Com
Dythia Novianty | Firsta Nodia
Naik Gunung Juga Bisa Jadi Meditasi
Ilustrasi seorang lelaki mendaki gunung. [Shutterstock]

Suara.com - Naik gunung ternyata tak hanya memanjakan mata tapi juga bermanfaat bagi kesehatan jiwa. Hal ini dibuktikan oleh Khalila Archer dari Inward Bound Mindfulness Education.

Ia mengatakan, naik gunung memberi pengalaman baru bagi seseorang untuk memahami bahwa ada hal lain yang lebih besar dari diri mereka sendiri. Para pendaki gunung juga mendapatkan manfaat meditasi saat menjalani aktivitasnya di tengah-tengah alam.

"Naik gunung memang sangat melelahkan, tapi jika diimbangi dengan pikiran yang jernih, kegiatan ini bisa memberikan manfaat meditasi," ujar dia seperti dilansir dari laman NYtimes.

Manfaat ini, tambah dia, bisa didapat jika seseorang naik gunung dengan memfokuskan diri pada beberapa hal seperti pemandangan, suara dan aroma alam yang khas dan menenangkan jiwa.

Dengan memfokuskan pada hal tersebut, Archer mengatakan, rasa letih saat mendaki tak akan terasa. Ditambah jika kegiatan naik gunung dilakukan bersama orang terdekat, maka manfaat yang dirasakan akan semakin maksimal.

"Resapi dalam dalam setiap sensasi yang Anda rasakan saat naik gunung. Dijamin Anda akan merasa ketagihan untuk kembali mendaki gunung," tambah dia.

Di belahan dunia lain, Australia, ada sebuah komunitas bernama Fly Program yang menginisiasi program naik gunung untuk mengatasi depresi. Salah seorang pendirinya, Matt Triplet mengaku bahwa Ia merasakan sendiri bagaimana rasa stres dari aktivitas sehari-hari tersingkirkan setelah rutin mendaki gunung.

"Dengan menghabiskan waktu di alam terbuka, maka suasana hati akan menjadi lebih stabil. Saya membuktikannya sendiri," pungkas dia.

Bagaimana, tertarik untuk mendaki gunung?

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini