Enam Langkah Menjaga Penis Tetap Sehat dan Bersih

Menjaga kebersihan dan kesehatan penis sangat penting dilakukan.

Suara.Com
Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Enam Langkah Menjaga Penis Tetap Sehat dan Bersih
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim adalah hal yang sangat tak boleh diabaikan, bukan hanya pada perempuan, tapi juga lelaki. Apalagi, seperti yang sudah diketahui Mr. P atau penis adalah organ intim yang paling penting bagi lelaki.

Mr. P merupakan simbol kejamtanan sehingga kesehatannya harus dijaga, agar selalu berfungsi dengan baik. Nah, berikut tips menjaga kesehatan Mr. P dari dr. Deby Vinski, yang dikutip dalam bukunya The Power of Man.

1. Gunakan celana dalam bersih higienis
Ganti celana dalam yang Anda pakai minimal dua kali dalam sehari, jika penggunaannya mudah berkeringat, agar tidak mudah ditumbuhi kuman.

Celana dalam yang tidak higienis atau lembab terkena keringat, akan memudahkan bakteri berkembang biak, yang dapat memgundang penyakit, bau tak sedap, biang keringat dan lainnya.

2. Cuci bersih secara rutin Mr. P
Siram dan bilas dengan air hingga bersih setelah buang air kecil dan besar agar tidak ada susa air seni yang menempel pada kulit kelamin. Untuk lelaki yang tidak disunat dan Mr. P masih memiliki kulup penutup, maka wajib membersihkan bagian dalam kulup (kepala Mr. P dalam) hingga bersih, setiap hari untuk menghindari infeksi.

3. Cukur rambut kemaluan secara berkala
Bagi Anda yang memiliki rambut kemaluan cukup panjang, sebaiknya cukur rambut kemaluan untuk menjaga tetap pendek agar tidak banyak ditumbuhi bakteri. Tapi, perlu diingat utnuk tidak mencukur habis hingga plontos rambut kemaluan, karena ada bakteri baik yang tumbuh di sekitar sana.

Selanjutnya chevron_right

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini