Sabtu, 20 Januari 2018

Berkebun Cara Efektif Beraktivitas untuk Lelaki Lansia

Studi menunjukkan berkebun merupakan cara efektif beraktivitas untuk lelaki lansia.

Suara.Com
Ririn Indriani | Risna Halidi
Ilustrasi lelaki lansia sedang menikmati aktifitas berkebun. (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki lansia sedang menikmati aktifitas berkebun. (Shutterstock)

Suara.com - Rutinitas seperti olahraga ringan selalu direkomendasikan dokter sebagai cara untuk tetap sehat di hari tua alias lanjut usia (lansia), tapi menurut penelitian terbaru, ada aktivitas lain yang bisa dijadikan kegiatan rutin lansia yaitu berkebun.

Kata peneliti dari Jerman, berkebun bukan hanya membuat lansia tetap aktif, tapi juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan kesejahteraan mental mereka.

Aktivitas fisik dalam berkebun bisa berupa proses menggali tanah, memotong tangkai, dan mengangkut tanah atau pot.

"Kami pikir berkebun dan memperbaiki barang mungkin juga lebih menyenangkan daripada tugas bersih-bersih," kata seorang peneliti di Leibniz Institute for Prevention Research and Epidemiology, Jerman, Nicholas Adjei dilansir Zeenews.

Untuk riset ini, tim meneliti lebih dari 36.000 pensiunan yang diminta melaporkan tentang aktivitas sehari-hari dan kesehatan mereka secara umum.

Segi kesehatan responden dihitung berdasarkan jawaban mereka terhadap pertanyaan dalam skala lima poin mulai dari buruk sampai sangat baik.

Hasilnya menunjukkan bahwa perempuan lansia yang menghabiskan waktu tiga jam lebih mengerjakan tugas rumah tangga dan dalam kondisi kurang tidur, cenderung dalam kondisi tidak sehat.

Namun hasil yang sama tidak berlaku pada lelaki lansia. Itu terjadi karena perempuan lansia lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga seperti membersihkan rumah dan memasak, sementara lelaki lebih sering menghabiskan waktu dengan berkebun.

"Perbedaan dalam kesehatan jenis kelamin mungkin berkaitan dengan pekerjaan yang perempuan lakukan. Lelaki lansia melakukan lebih banyak pekerjaan rumah tangga yang lebih aktif, seperti berkebun dan perawatan," kata Adjei lagi.

Terpopuler

Terkini